Manfaat Conditioner Rambut Rontok dan Cara Memilihnya

Manfaat Conditioner Rambut Rontok dan Cara Memilihnya

Manfaat Conditioner Rambut Rontok dan Cara Memilihnya

Memiliki rambut kuat dan sehat tentunya dambaan setiap wanita. Namun, tidak jarang juga banyak wanita yang mengalami masalah rambut rontok hingga kebotakan. Salah satu perawatan rambut rontok yang banyak digunakan adalah penggunaan conditioner rambut rontok. 

Sebab, untuk hasil maksimal perlu diimbangi dengan penggunaan conditioner. Karena sebenarnya dengan menggunakan shampo untuk keramas pun tidak cukup menutrisi rambut. 


Lalu, apa itu conditioner? Bagi Bestie Kelaya yang belum mengetahui secara mendalam tentang conditioner dan manfaatnya sebagai pelengkap shampoo. 

Maka pastikan kamu menyimak artikel ini secara lengkap ya! Artikel kali ini akan mengulas tentang manfaat conditioner rambut dan tips bagaimana cara memilih conditioner rambut rontok tepat. Simak ya!

Apa itu conditioner rambut?

Berbicara tentang perawatan rambut, Bestie Kelaya pasti sering mendengar kata "conditioner". Namun, apakah Bestie Kelaya benar-benar memahami apa itu conditioner rambut dan mengapa produk ini menjadi langkah penting dalam rutinitas perawatan rambut? 

Conditioner rambut adalah produk perawatan yang dirancang khusus untuk membantu melembutkan, menghaluskan, dan mengembalikan kelembaban alami rambut setelah proses pembersihan dengan shampoo. 

Shampoo cenderung menghilangkan minyak alami dan kotoran dari rambut, tetapi sayangnya juga dapat membuat rambut menjadi kering dan kurang bercahaya. Inilah mengapa conditioner sangat penting: untuk mengembalikan keseimbangan dan menjaga kesehatan rambutmu.

Manfaat conditioner rambut

Setelah memahami apa itu conditioner rambut, lalu apa sih manfaat conditioner rambut sebenarnya? Lewat artikel ini, kita akan mengulas lebih dalam tentang manfaat conditioner rambut yang baik untuk rambut sehat. Yuk, simak! 

Manfaat conditioner rambut agar rambut lebih lembut dan halus

Isi conditioner berisi bahan-bahan yang bermanfaat untuk membuat rambut lebih lembut dan halus. Ini tentu akan memudahkan saat merapikan rambut atau mencoba berbagai gaya rambut.

Mengurangi dan mencegah kerusakan rambut

Rambut yang sering terkena panas dari alat styling, paparan sinar matahari, dan faktor lainnya cenderung mengalami kerusakan. Conditioner mengandung bahan-bahan yang membantu melindungi rambut dari kerusakan tersebut. Dengan begitu, rambutmu akan lebih tahan lama dan kurang rentan terhadap patah atau bercabang.

Meningkatkan kesehatan rambut

Kelembaban yang diberikan oleh conditioner tidak hanya membuat rambut terlihat baik, tetapi juga membantu menjaga kesehatannya. Nutrisi yang terkandung dalam conditioner mendukung pertumbuhan rambut yang kuat dan sehat dari akar hingga ujung.

Mengurangi rambut kusut

Rambut yang kering cenderung menjadi kusut dan sulit diatur. Conditioner membantu melembutkan rambut dan mengurai kusut, sehingga rambutmu lebih mudah diatur dan bebas dari kerutan yang mengganggu.

Menambah kilau alami

Rambut yang sehat selalu tampak berkilau alami. Conditioner membantu meratakan lapisan luar rambut, sehingga cahaya lebih mudah dipantulkan, memberikan rambutmu kilau yang cantik dan menawan.

Tips memilih conditioner yang tepat 

Dalam menjaga rambut tetap sehat dan bercahaya, pemilihan conditioner rambut yang tepat memiliki peran krusial. Setiap individu memiliki tipe rambut yang berbeda-beda, sehingga tidak semua conditioner cocok untukmu. 

Dalam artikel ini, kamu akan mendapatkan tips dan panduan untuk memilih conditioner rambut yang paling sesuai dengan kebutuhan rambutmu.

Mengenal kebutuhan rambut

Tips memilih conditioner yang pertama adalah kenali dulu tipe rambutmu. Apakah rambutmu cenderung kering, berminyak, atau normal? Apakah kamu memiliki rambut tipis, tebal, lurus, atau bergelombang? Pertimbangkan juga apakah rambut sering diwarnai atau terekspos panas dari alat styling. Mengetahui kebutuhan rambutmu adalah langkah awal yang penting.

Berikut beberapa tipe rambut dan bahan conditioner yang tepat. Supaya tetap bisa menghasilkan rambut yang sehat dan lembut. 

Untuk rambut kering

Jika rambutmu cenderung kering dan kusut, carilah conditioner yang mengandung bahan pelembab intens seperti minyak alami (misalnya, argan oil atau minyak kelapa). Bahan-bahan ini akan membantu mengembalikan kelembaban dan menjaga rambut tetap lembut.

Untuk rambut berminyak

Jika rambutmu cenderung berminyak, pilihlah conditioner dengan kandungan yang lebih ringan. Hindari produk yang terlalu kaya atau berat, karena bisa membuat rambut terlihat lebih berminyak.

Untuk rambut tebal

Rambut tebal membutuhkan conditioner dengan formula yang dapat menembus lapisan rambut untuk memberikan kelembaban yang cukup. Cari produk dengan kandungan nutrisi yang tinggi untuk menjaga kesehatan rambutmu.

Untuk rambut tipis

Jika rambutmu tipis, pilihlah conditioner yang memberikan kelembaban tanpa membuat rambut terasa lepek atau lemas. Pilih produk yang memberikan volume tanpa memberatkan rambut.

Untuk yang diwarnai

Jika kamu sering mewarnai rambut, pilih conditioner yang dirancang khusus untuk rambut diwarnai. Ini membantu melindungi warna rambutmu agar tetap tahan lama.

Perhatikan kandungan atau bahan pada conditioner

Bahan-bahan yang terkandung dalam conditioner memegang peran penting dalam kinerjanya. Bahan seperti protein (seperti keratin), vitamin, dan asam lemak dapat memberikan manfaat tambahan untuk rambutmu. Misalnya, keratin membantu memperkuat rambut, sedangkan vitamin B5 membantu menjaga kelembaban rambut.

Hindari conditioner yang terbuat dari bahan-bahan bahaya

Selalu periksa label produk untuk memastikan bahwa conditioner yang kamu pilih bebas dari bahan-bahan berbahaya seperti paraben, sulfat, dan silikon. Bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada rambutmu.

Berkonsultasi dengan ahli

Jika kamu masih bingung dalam memilih conditioner yang sesuai, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli perawatan rambut, seperti tukang potong rambut atau penata rambut. Mereka dapat memberikan saran berdasarkan kondisi rambutmu dan memberikan rekomendasi produk yang sesuai.

Kelaya Hair Conditioner Leave On 

Jika Bestie Kelaya masih bingung memilih conditioner rambut mana yang sesuai dengan kebutuhan rambutmu. Kamu bisa coba Kelaya Hair Conditioner Leave On. Conditioner ini diformulasikan secara khusus untuk semua jenis rambut, lho! Jadi, kamu tidak perlu pusing lagi menyesuaikan conditioner rambut dengan jenis rambutmu. 

Selain itu, conditioner ini juga menggunakan kandungan bahan alami seperti ekstrak aloe vera, minyak kemiri yang efektif untuk melembabkan, melembutkan, dan juga menghaluskan rambut. 

Lalu, kenapa sih harus percaya dengan Kelaya Conditioner Leave On? Alasannya, conditioner rambut dari Kelaya ini, memiliki 3 kelebihan yaitu, Leave On, UV Filter dan No Fragrance. 


Leave On adalah salah satu kelebihan kelaya yaitu, tanpa dibilas. Jadi, setiap menggunakan hair conditioner ini kamu tidak perlu repot lagi untuk membilas. Menghemat waktu dan air bukan? 

Sedangkan, UV filternya mampu memberikan perlindungan pada batang rambut pada paparan sinar UV yang berpotensi merusak rambut. Terakhir, adalah No Fragrance, kelebihan ini mengutamakan bahan-bahan alami tanpa menggunakan parfum atau pewangi tambahan. Jadi, conditioner ini aman dan gentle digunakan untuk rambut atau kulit kepala yang sensitif sekalipun.

Cara menggunakan conditioner rambut

Penggunaan conditioner rambut pun perlu diperhatikan ya, Bestie Kelaya. Namun, cara penggunaannya cukup mudah kok! Dimulai dari Bestie Kelaya menggunakan shampoo Kelaya, keringkan rambut hingga setengah kering. 


Kemudian, ambil 2-4 pump Kelaya Conditioner Leave On dan usapkan secara menyeluruh dari pangkal hingga ujung batang rambut. Selanjutnya, ratakan dengan lembut menggunakan jari atau sisir. Biarkan rambut hingga kering dan lanjutkan dengan penataan rambut. 


Memilih conditioner rambut yang tepat adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kecantikan rambutmu. Dengan memperhatikan tipe rambutmu, memilih bahan-bahan yang sesuai, dan melakukan uji coba, kamu dapat menemukan produk yang memberikan manfaat terbaik untuk rambutmu. 

Ingatlah bahwa setiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda, jadi eksperimen lah hingga kamu menemukan conditioner yang paling cocok untuk mendukung rambut indahmu.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published