Cara Mengatasi Rambut Lepek, Mulai dari Produk dan Perawatan

Cara Mengatasi Rambut Lepek, Mulai dari Produk dan Perawatan

Cara Mengatasi Rambut Lepek, Mulai dari Produk dan Perawatan

Kelaya.co.id - Masalah rambut lepek dan susah diatur memang sering mengganggu penampilan. Biasanya hal ini terjadi ketika cuaca sedang panas dan sedang berkeringat karena kegiatan sehari-hari. 

Namun, bestie Kelaya tidak perlu khawatir! Di artikel kali ini Kelaya akan membahas tentang cara mengatasi rambut lepek mulai dari rekomendasi produk dan juga bagaimana perawatan rambut lepek agar tetap bervolume. 

Ada banyak faktor yang mempengaruhi rambut lepek, salah satunya adalah produksi kelenjar minyak yang berlebihan dari kulit kepala. Tapi ternyata tidak hanya itu saja bestie, yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Penyebab dan ciri-ciri rambut lepek

Sebelum membahas cara mengatasi rambut lepek lebih lanjut. Bestie Kelaya perlu mengetahui dan mengenal dulu penyebab dan ciri-ciri rambut lepek. 

Kira-kira seperti apa contoh rambut lepek? Biasanya ciri-cirinya, penampilan rambut tampak tipis dan tidak bervolume, kulit kepala berminyak, kaku dan susah diatur. 

Ciri-ciri rambut lepek tersebut bisa disebabkan karena akar rambut yang melemah akibat terbebani oleh batang rambut berminyak. Sehingga, kulit kepala dan rambut jadi berminyak serta lengket. 

Penyebab lain bisa disebabkan karena kebiasaan-kebiasaan buruk untuk rambut yang mungkin Bestie Kelaya tidak sadari. Contohnya seperti, terlalu sering keramas, kurang bersih saat membilas shampoo maupun conditioner, atau juga kebiasaan menunda waktunya keramas. 

Selain kebiasaan buruk yang sudah dijelaskan, ada beberapa penyebab lain yang menyebabkan rambut lepek diantaranya:

1. Genetik

Kulit kepala yang memproduksi kelenjar minyak atau sebum berlebihan juga dapat disebabkan oleh faktor genetik. Jadi, jika rambut cepet lepek dan berminyak, Bestie Kelaya bisa coba perhatikan orang tua atau anggota keluarga yang lain ya. Apabila, anggota keluarga lain juga sering mengalami rambut lepek, maka kemungkinan Bestie Kelaya cenderung mudah mengalami rambut lepek. 

2. Cuaca panas

Penyebab rambut lepek lainnya bisa disebabkan karena cuaca panas. Apalagi Indonesia yang memiliki iklim tropis dan panas, jadi rambut lepek menjadi masalah terbesar setiap wanita di Indonesia. 

Cuaca yang panas tentunya akan menyebabkan tubuh berkeringat, aliran keringat ini lah yang menyebabkan kulit kepala menghasilkan sebum hingga ke seluruh batang rambut. 

3. Salah pilih produk shampoo

Nah! Ini penyebab yang biasanya sering terjadi yaitu, salah pilih shampoo. Banyaknya dan berbagai macam shampoo yang dijual di pasaran pasti bikin Bestie Kelaya bingung untuk memilihnya. 

Memilih produk shampoo sebaiknya tidak sembarangan ya, Bestie! Sebab, salah pilih shampoo bisa menyebabkan ketombe, gatal hingga menyebabkan kulit kepala semakin berminyak. 

Cara mengatasi penyebab rambut lepek

Salah satu penyebab rambut lepek adalah salah memilih shampoo. Maka dari itu, cara mengatasi rambut lepek tentunya memastikan bahwa shampoo yang Bestie Kelaya pilih benar-benar cocok dan memiliki kandungan nutrisi yang cukup ya. 

1. Menggunakan shampoo yang sesuai

Selain, mencegah rambut gampang lepek, memilih shampoo yang tepat juga cara agar rambut mudah diatur dan bervolume. Pastikan untuk memilih produk shampoo yang memiliki kandungan seperti, pomegranate, mint, micellar ice, dan kandungan baik lainnya. Kandungan tersebut telah terbukti efektif untuk mencegah rambut gampang lepek.


Tidak hanya memilih shampoo yang tepat, bestie Kelaya juga bisa mulai membiasakan untuk merawat rambut dengan benar. Lalu, bagaimana cara mengatasi rambut lepek dengan mudah? Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

2. Mengeringkan rambut dengan benar

Cara mengatasi rambut lepek berikutnya adalah dengan mengeringkan rambut dengan benar. Kamu bisa memulainya dengan mengeringkan rambut saat basah, sambil menundukkan kepala, lalu fokus keringkan pada akar-akar rambut. 

Setelah itu, posisikan seperti semula dan sisi menggunakan jari-jari tangan saja atau sisir yang berjarak. Jika kamu sering menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut, usahakan untuk menggunakan pada suhu medium agar rambut tidak cepat lepek hingga mengalami kerusakan. 

3. Keramas dengan air hangat

Tahukah Bestie Kelaya, jika keramas dengan air hangat bisa mengatasi rambut lepek? Yup, faktanya cara ini cukup efektif untuk mengatasi rambut lepek. Suhu hangatnya mampu mengangkat minyak yang berlebih diproduksi oleh kulit kepala. Namun, usahakan untuk memakai air hangat ya bukan air panas, karena air panas justru membuat rambut cepat rontok. 

4. Melengkapi dengan kondisioner

Tidak hanya menggunakan shampoo yang tepat, melengkapi dengan kondisioner juga menjadi salah satu cara mengatasi rambut lepek. 

Kondisioner juga sudah terbukti melindungi rambut lebih lama dari sebum atau minyak berlebih, dan membuat rambut lebih halus, bervolume dan mudah diatur.

Rekomendasi shampoo untuk rambut lepek

Kini sudah banyak brand hair treatment yang menawarkan shampoo dan conditioner untuk mengatasi rambut lepek, dan tentunya banyaknya pilihan produk membuat bestie Kelaya ragu untuk menentukan pilihan. Nah, kabar baiknya, bestie Kelaya tidak perlu ragu lagi karena Kelaya memiliki solusi alami untuk rambut lepek dengan Shampoo dan Conditioner Kelaya. 

kelaya hair treatment

Shampoo Kelaya yang mengandung ekstrak kemiri mampu melembabkan rambut, dan juga piroctone olamine yang efektif untuk mengatasi ketombe dan bau pada kulit kepala. Bestie Kelaya juga tidak perlu khawatir rambut lepek di bawah sinar matahari karena shampoo Kelaya juga mengandung vitamin B12 dan aloe vera yang akan memperbaiki kerusakan rambut karena sinar matahari. Nah, supaya hasilnya lebih maksimal, bestie Kelaya juga perlu melengkapi perawatan dengan Kelaya Hair Conditioner Leave On.

Kelaya Hair Conditioner Leave On ini diformulasikan secara khusus untuk semua jenis rambut. Sudah dilengkapi dengan kandungan baik seperti, ekstrak Aloe Vera dan Minyak Kemiri yang berfungsi untuk melembabkan, melembutkan, menghaluskan dan menjaga lebih lama dari rambut lepek. 

Bestie Kelaya juga tidak perlu khawatir memakai kondisioner dari Kelaya. Sebab, untuk menjaga kealamiannya, kondisioner ini tidak menggunakan tambahan pewangi, sehingga aman dan gentle digunakan untuk rambut pada kulit kepala yang sensitif sekali pun. 

Tidak hanya itu, kondisioner ini juga tidak perlu dibilas dengan air lho, Bestie. Jadi, cocok banget buat kamu yang ingin menghemat waktu tetapi ingin tampil all out. 

Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu juga bisa melengkapinya dengan produk kelaya lainnya seperti, Shampoo Kelaya, Serum Kelaya, dan Minyak Kemiri Kelaya. 

Cara Penggunaan Produk Perawatan Rambut untuk Hasil Optimal

Kelaya Hair Conditioner Leave On yang tidak perlu dibilas dengan air mungkin membuat Bestie bingung bagaimana cara pemakaiannya. Nah, kali ini Kelaya akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi rambut lepek dengan perawatan alami bersama Shampoo dan Conditioner Kelaya. Yuk, simak caranya di bawah ini: 

  1. Step pertama, sebelum keramas aplikasikan minyak kemiri Kelaya pada kulit kepala, pijat kulit kepala selama 2-3 menit, kemudian diamkan selama 5-10 menit, dan bilas dengan air bersih. 
  2. Selanjutnya, basahi rambut kemudian aplikasikan shampoo Kelaya secukupnya pada rambut, sambil memijat kulit kepala dengan lembut. Bilas dengan air bersih. 
  3. Aplikasikan hair serum Kelaya, dan pijat selama kurang lebih 3 menit. Untuk hasil maksimal gunakan secara rutin setiap pagi dan sore hari. 
  4. Selanjutnya, aplikasikan Kelaya Conditioner Leave On 2-4 pump hingga menyeluruh dari ujung hingga batang rambut. 
  5. Kemudian ratakan dengan lembut menggunakan jari atau sisir.

Mengubah kebiasaan makan dan tidur sehat 

Nah, itu dia beberapa cara mengatasi rambut lepek untuk Bestie Kelaya. Sebagai tambahan informasi, rambut lepek juga dapat diatasi dengan mengubah kebiasaan makan dan tidur. 

Jadi, pastikan untuk mengonsumsi makanan bergizi dan menghindari makanan yang menyebabkan rambut berminyak seperti, makanan yang digoreng, gula, dan olahan karbohidrat. Jadi untuk mendukung agar rambut mudah diatur dan tidak lepek, kamu bisa mulai mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B dan E, sayuran hijau, dan kacang-kacangan. 

Selain menjaga pola diet dan makan yang sehat, Bestie Kelaya juga perlu mengatur pola tidur agar tidak menimbulkan stress yang akhirnya memicu hormon kortisol. Hormon ini biasanya menyebabkan kulit kepala memproduksi minyak atau sebum berlebihan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published