Penyebab Rambut Kering dan Cara Merawatnya Secara Alami

Penyebab Rambut Kering dan Cara Merawatnya Secara Alami

Penyebab Rambut Kering dan Cara Merawatnya Secara Alami

Sering bermasalah dengan rambut kering, kusam dan susah diatur padahal sudah rajin keramas? Hal ini tentunya, akan membuat kamu bingung cara mengatasinya, apalagi rambut kering sering mengganggu penampilan, serta membuat tidak percaya diri. 

Tidak dapat dipungkiri, bahwa rambut menjadi salah satu faktor utama untuk membuat setiap wanita tampil percaya diri. Namun, apa jadinya jika rambut justru kering, kusam dan susah diatur? 

Nah, maka dari itu, di artikel kali ini Kelaya akan membahas tentang penyebab dan cara mengatasi rambut kering. Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Apa itu rambut kering dan ciri-cirinya?

Sebelum membahas tentang penyebab dan cara mengatasinya, Bestie Kelaya perlu memahami apa itu rambut kering dan ciri-cirinya. Salah satu ciri-ciri rambut kering adalah setiap helaiannya terlihat kusam dan kering. Selain itu, biasanya juga diikuti dengan rambut rontok berlebih serta ketombe.

Mengapa rambut kering perlu perawatan khusus?

Merawat dan cara mengatasi rambut kering dapat dikatakan tidak mudah dan perlu perawatan khusus. Hal ini dikarenakan, biasanya rambut kering membutuhkan nutrisi yang cukup. 

Perawatan khusus rambut kering ini biasanya harus menggunakan bahan-bahan alami seperti, minyak kelapa, minyak zaitun, dan juga bahan lainnya yang mampu menutrisi rambut agar sehat, lebih lembab dan mudah diatur.

Penyebab rambut kering

Cara mengatasi rambut kering memang perlu perawatan khusus untuk memberikan nutrisi yang cukup bagi rambut. Nah, sebelum membahas lebih lanjut cara mengatasi rambut kering dan perawatannya. Bestie Kelaya perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab rambut kering berikut ini. 

Paparan sinar matahari dan cuaca panas

Bestie Kelaya pasti sering memiliki masalah dengan rambut kering, apalagi tinggal di Indonesia yang beriklim tropis. Cuacanya pun lebih sering panas daripada hujan. Hal ini mengakibatkan rambut lebih besar berpotensi kering, frizzy, kusam, dan susah diatur. 

Paparan panas matahari yang ekstrim dan juga kelembaban udara yang tinggi menjadi salah satu penyebab rambut kering dan mengembang. 

Penggunaan alat styling rambut yang tidak sesuai 

Sering styling rambut dengan alat styling juga bisa menjadi salah satu penyebab rambut kering. Alat styling yang dimaksud seperti, hair dryer, catokan rambut, atau curling. 

Panas yang dihasilkan oleh alat styling tersebut dapat merusak rambut, dan akibatnya menjadikan rambut kering, rusak dan kusam. 

Maka dari itu, untuk mengatasinya bestie Kelaya perlu mengurangi frekuensi dalam memakai alat styling, misalnya, hanya memakai satu kali dalam seminggu.

Kurangnya kandungan air di dalam tubuh

Banyak yang tidak mengetahui bahwa penyebab rambut kering juga bisa disebabkan karena kurangnya asupan air putih di dalam tubuh. 

Karena itu, kondisi tubuh yang kurang berenergi menyebabkan rambut kering dan rusak. Selain itu, kondisi berkeringat di waktu malam hari jika bisa menyebabkan rambut kering. 

Maka dari itu, Bestie Kelaya tidak boleh membiarkan tubuh kekurangan cairan, konsumsi air putih yang cukup serta menjaga pola makanan yang terdapat kandungan air seperti, sayur dan buah-buahan.

Cara mengatasi dan perawatan rambut kering

Setelah mengetahui penyebabnya, kini Bestie Kelaya mungkin sudah tahu apa yang harus dilakukan sebagai cara mengatasi rambut kering. 

Tidak hanya mengatasi, bestie Kelaya juga perlu melakukan perawatan rambut kering yang tepat agar memberikan hasil maksimal. Tanpa berlama-lama yuk simak cara mengatasi dan perawatan rambut kering di bawah ini!

Memberikan perawatan khusus pada ujung rambut

Memperhatikan ujung rambut bisa dilakukan dengan melakukan jadwal rutin untuk potong rambut setiap 2 atau 3 bulan sekali. 

Tidak hanya mempengaruhi penampilan, memotong rambut sebagai cara mengatasi rambut kering juga dapat  menjaga kesehatan rambutmu. 

Terutama pada bagian ujung rambut yang harus dipotong, agar volume rambut semakin bervolume, dan rambut tampil lebih sehat.

Menjaga kelembaban rambut

Cara mengatasi rambut kering berikutnya adalah dengan menjaga kelembaban rambut. Bestie Kelaya bisa memanfaatkan minyak kelapa, kemiri, atau minyak argan untuk perawatan rambut kering agar rambut tetap lembab, berkilau alami, dan tampak sehat. 

Selain itu, untuk menjaga kelembaban rambut, Bestie Kelaya juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi penting untuk rambut diantaranya, vitamin, protein, dan mineral. 

Nah, apabila rambutmu kering dan kusam kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A contohnya seperti, wortel dan tomat.

Perawatan rambut kering

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, memiliki rambut kering perlu dilakukan perawatan khusus. Berikut ini adalah beberapa perawatan rambut kering yang bisa kamu lakukan dengan mudah ya, Bestie Kelaya! 

Perawatan rambut dengan menggunakan kondisioner

Selain menggunakan shampoo yang tepat sesuai dengan kondisi rambut, perawatan rambut kering juga perlu penggunaan conditioner yang benar setelah keramas. 

Sama sepeerti penggunaan shampoo, gunakan conditioner yang sesuai dengan kondisi rambut, misalnya, conditioner yang khusus untuk rambut kering. 

Karena sebagian besar conditioner diformulasikan untuk kondisi-kondisi rambut tertentu, sehingga jika menggunakan conditioner sesuai dengan kondisi rambut. Maka, rambut akan mendapatkan nutrisi yang tepat dan dapat mengembalikan kesehatan rambut secara alami.

Hindari terpapar suhu panas

Untuk merawat rambut kering, Bestie Kelaya sebaiknya tidak mencuci rambut menggunakan air panas. Hal ini justru akan merusak kandungan rambut.

Hal ini juga berlaku untuk tidak memakai alat hair styling yang terlalu sering dengan suhu panas. Tipsnya, setelah keramas kamu cukup mengeringkan rambut dengan handuk secara pelan dan lembut, agar tetap menjaga kelembaban rambut.  

Hindari memakai produk rambut yang mengandung bahan kimia

Rambut kering juga dapat disebabkan karena pemakaian produk rambut berbahan kimia. Waspadai dan cek dengan cermat jika ada produk yang memiliki kandungan bahan kimia seperti, isopropyl alcohol, propyl alcohol, propanol, atau SD alcohol 40. 

Rutin menggunakan masker rambut

Agar nutrisi rambut terpenuhi, usahakan juga untuk memakai masker rambut yang memiliki kandungan bahan alami seperti, minyak amla, minyak zaitun, lidah buaya, dan minyak kelapa. Bahan-bahan alami tersebut cukup efektif untuk mengembalikan kilau alami rambut dan melembabkan rambut yang kering.

Minum cukup air putih setiap hari 

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, penyebab rambut kering ternyata bisa disebabkan karena kurangnya asupan air putih. Maka dari itu, Bestie Kelaya perlu minum air putih 8 gelas per hari sebagai cara mengatasi rambut kering. 

Bahkan beberapa studi, menyatakan bahwa asupan air putih yang cukup mempengaruhi kelembaban alami rambut.

Rekomendasi produk kondisioner untuk rambut kering

Memakai conditioner tidak hanya untuk melembutkan rambut, tetapi juga menjaga supaya rambut tetap lembab. Nah, maka dari itu, lengkapi perawatan rambut keringmu dengan conditioner untuk rambut kering. Berikut ini adalah rekomendasi produk kondisioner yang cocok sebagai cara mengatasi rambut kering.

Kondisioner Kelaya yang mengandung aloe vera dan minyak kemiri

Kondisioner Kelaya yaitu, Kelaya Hair Conditioner Leave On ini memang khusus diformulasikan untuk semua jenis rambut. Jadi, kamu tidak perlu bingung lagi untuk menyesuaikan dengan kondisi rambut. 


Hal ini karena kandungan kondisioner Kelaya yang kaya akan ekstrak aloe vera dan minyak kemiri. Dua kandungan tersebut terbukti secara efektif untuk membantu mengembalikan rambut supaya lebih berkilau, lembab, lembut, dan menghaluskan rambut. 

Kandungan dan Keunggulan Produk

Selain mengandung nutrisi baik untuk rambut seperti, aloe vera dan minyak kemiri. Lalu, apa saja sih keunggulannya? Nah, keunggulan kondisioner Kelaya yang lain adalah sebagai berikut: 

Leave On 

Menggunakan kondisioner lalu dibilas sudah cukup biasa ya, Bestie! Tapi kondisioner Kelaya ini memiliki kelebihan Leave On yaitu, praktis tanpa dibilas. Yup, kamu cukup menggunakannya setelah keramas tanpa dibilas dengan air, lebih hemat waktu dan air bukan? 

UV Filter

Kondisioner Kelaya juga mengandung UV Filter yang berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap paparan sinar UV atau matahari yang biasanya dapat membuat rambut kering dan rusak. 

No Fragrance

Salah satu cara mengatasi rambut kering adalah menghindari produk dengan bahan kimia. Nah, Kondisioner Kelaya ini memakai bahan-bahan alami tanpa menggunakan parfum atau pewangi buatan. Sehingga, aman dan gentle digunakan untuk rambut dan kulit kepala ya, Bestie. 

Cara Penggunaan yang Efektif untuk Merawat Rambut Kering

Last but not least, jangan lupa untuk menggunakan kondisioner Kelaya dan baik dan benar ya, Bestie. Berikut cara penggunaan kondisioner Kelaya sebagai cara mengatasi rambut kering:

  1. Setelah selesai keramas, keringkan rambut hingga setengah kering.
  2. Ambil 2-4 pump Kelaya Conditioner Leave on dan gunakan secara menyeluruh dari pangkal hingga ujung rambut. Hindari penggunaan produk pada kulit kepala atau ubun-ubun kepala.
  3. Ratakan kondisioner menggunakan jari atau sisir. Kemudian biarkan rambut kering dan lanjutkan untuk menyisir rambut seperti biasa. 

Nah, itu dia beberapa ulasan cara mengatasi rambut kering dan juga perawatannya. Buat kamu yang sering bermasalah dengan rambut kering, silahkan ikuti cara-cara di atas ya, Bestie Kelaya. Jangan lupa juga untuk menggunakan Kelaya Conditioner Leave On agar rambutmu tetap sehat dan bebas dari rambut kering maupun rontok!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published