Ketahui Cara Mengatasi Rambut Bercabang dan Penyebabnya

Ketahui Cara Mengatasi Rambut Bercabang dan Penyebabnya

Ketahui Cara Mengatasi Rambut Bercabang dan Penyebabnya

Ada berbagai masalah rambut yang biasanya menghantui para wanita. Mulai dari rambut rontok, kering, hingga yang paling menyebalkan adalah rambut bercabang. Rambut bercabang biasanya ditandai dengan ujung rambut yang pecah dan terlihat seperti membelah. 

Sebelum membahas cara mengatasinya, bestie Kelaya perlu mengetahui dahulu apa itu rambut bercabang dan penyebabnya. Tanpa berlama-lama yuk simak ulasannya di bawah ini!

Apa Itu Rambut Bercabang? 

Hal pertama yang harus Bestie Kelaya perhatikan adalah kondisi rambut, apakah rambutmu cuma kering saja atau memiliki potensi menjadi rambut bercabang? 

Oleh sebab itu, Bestie Kelaya perlu mengetahui lebih detail tentang rambut bercabang. Rambut bercabang adalah kondisi rambut patah, terlihat terbelah, saat disisir maupun tidak. Rambut bercabang ini juga yang menjadikannya mudah rontok dan tipis. Maka jika menemukan tanda-tanda seperti ini, Bestie Kelaya perlu memperhatikan kesehatan pada rambut. 

Proses Rambut Bercabang

Sebagai tambahan informasi, rambut terdiri dari 3 lapisan yaitu, medula, korteks dan kutikula. Kutikula sendiri berfungsi sebagai pelindung bagian di dalam rambut dan paling rentan mengalami kerusakan.

Tetapi, jika kutikula yang seharusnya berfungsi sebagai pelindung rambut malah terbuka, biasanya disebabkan karena perawatan rambut yang salah. Hal ini kemudian, akan menyebabkan rambut bercabang, rusak, kering dan kusam.

Penyebab Rambut Bercabang

Masalah rambut bercabang tentunya harus segera diatasi ya, Bestie Kelaya. Namun, sebelum mengatasinya ketahui dulu yuk penyebab rambut bercabang berikut ini. 

Penggunaan alat pemanas berlebihan

Penyebab rambut bercabang bisa saja disebabkan karena penggunaan alat styling rambut yang berlebihan seperti, catokan atau hair dryer. Jadi, bagi bestie Kelaya yang sering styling rambut bisa mempertimbangkan frekuensi dan lebih berhati-hati dalam pemakaiannya. 

Sebab, alat styling rambut ini memiliki suhu yang panas dan bisa menghilangkan kandungan dan nutrisi alami dari rambut. Sehingga, jika semakin Bestie Kelaya menggunakan catokan rambut atau pengiring, maka potensi menjadi rambut bercabang akan semakin parah. 

Jadi, sangat disarankan bagi Bestie Kelaya memperhatikan frekuensi pemakaiannya, seperti, tidak menggunakannya setiap hari karena dapat menyebabkan kerusakan rambut karena suhu yang panas. 

Penggunaan produk perawatan rambut yang tidak tepat

Penggunaan produk rambut yang salah jika bisa jadi penyebab rambut bercabang. Apalagi jika produk rambutnya menggunakan bahan kimia seperti, pewarna rambut, perming, smoothing dan lain sebagainya. 

Meskipun, untuk styling rambut atau membuat penampilan lebih menarik, produk rambut yang salah justru akan merusak kesehatan rambut Bestie Kelaya. 

Oleh sebab itu, usahakan untuk memberikan jeda waktu antara satu produk rambut dengan produk lainnya. Kamu bisa memberikan jeda waktu selama 2 minggu untuk mewarnai rambut, setelah selesai melakukan smoothing rambut. 

Mengikat rambut terlalu kencang

Meski sepele, mengikat rambut terlalu kencang juga bisa jadi penyebab rambut bercabang. Bagi sebagian wanita, mengikat rambut memang dinilai lebih simpel, rapi dan mengatasi gerah selama beraktivitas. 

Namun, kebiasaan buruk ini jika tidak diperhatikan bisa menyebabkan rambut bercabang, karena tekanan yang kencang membuat batang rambut sulit untuk bernapas. Selain itu, rambut juga tidak bebas bergerak, hingga akhirnya menyebabkan kerusakan.

Paparan sinar matahari yang berlebihan

Penyebab rambut bercabang berikutnya adalah karena terpapar sinar matahari selama beraktivitas diluar. Jika terpapar dalam waktu yang lama bisa menyebabkan rambut jadi kering, kusam, bercabang hingga lebih mudah rontok. 

Jika memang harus beraktivitas di luar kamu bisa mengatasinya dengan memakai payung atau topi. Sangat disarankan agar rambut tidak langsung terpapar oleh sinar matahari.

Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Setelah mengetahui penyebabnya, maka cara mengatasi rambut bercabang adalah dengan menghindari hal-hal yang menjadi penyebabnya. Nah, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Menghindari penggunaan alat pemanas berlebihan

Meskipun membuat penampilan lebih menarik, penggunaan alat styling rambut yang memiliki suhu panas justru akan menyebabkan rambut rusak. Sebaiknya, Bestie Kelaya perlu mengatur frekuensi pemakaiannya, seperti tidak menggunakannya terlalu sering untuk menghindari rambut bercabang. 

Sebab, panas dari alat styling rambut ini dapat merusak nutrisi serta struktur protein rambut yang menyebabkan rambut jadi kering dan mudah patah. 

Tetapi jika Bestie Kelaya perlu memakai alat styling rambut setiap hari, pastikan untuk melindungi rambut dengan serum atau produk perawatan rambut alami dan terpercaya sebelum memakai alat styling rambut.

Memilih produk perawatan rambut yang sesuai

Cara mengatasi rambut bercabang berikutnya adalah dengan menggunakan produk perawatan rambut yang sesuai dengan kondisi rambut. Bestie Kelaya juga bisa melengkapi perawatan rambut dengan memakai kondisioner atau masker rambut.

Pemakaian kondisioner setelah keramas terbukti secara efektif untuk membuat rambut lebih lembut serta mudah diatur. 

Sementara itu, masker rambut bisa menambah kelembaban rambut supaya tidak mudah rusak. Dengan begitu, rambut akan lebih sehat, tidak kering hingga bercabang. 

Mencukupi kebutuhan nutrisi rambut

Menjaga kelembaban rambut juga dapat dilakukan dengan mencukup kebutuhan nutrisi rambut. Contoh nutrisi baik yang bisa menyehatkan rambut adalah zinc. Zinc ini berfungsi dalam pertumbuhan rambut dan juga perbaikan jaringan rambut. 

Maka dari itu, cara mengatasi rambut bercabang adalah dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang kaya akan zinc seperti, makanan laut, daging, telur, dan biji-bijian. 

Selain itu, Bestie Kelaya juga dapat melengkapi kebutuhan nutrisi rambut dengan protein, omega-3, vitamin A, dan C untuk menjaga rambut tetap sehat alami dan bebas dari rambut bercabang. 

Melindungi rambut dari paparan sinar matahari

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa rambut bercabang bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari secara langsung. Maka dari itu, cara mengatasi rambut cabang Bestie Kelaya perlu melindungi rambut dari sinar matahari. 

Hal ini bisa dilakukan dengan cara melindungi rambut menggunakan topi, payung, atau hoodie jaket. 

Selain melindungi rambut, kamu juga bisa melindungi rambut agar tetap lembab dengan produk perawatan rambut yang mengandung zat oxide atau SPV untuk menangkal sinar UV matahari secara langsung.

Tips Perawatan Rambut Agar Tidak Bercabang

Rambut bercabang dapat dicegah dengan cara merawat dengan tepat. Nah, walaupun ada beberapa cara mengatasi rambut bercabang, lebih baik mencegah dengan tips-tips perawatan berikut ini.

Mencuci rambut dengan benar

Perawatan agar tidak bercabang bisa dilakukan dengan cara mencuci rambut dengan benar dan tidak berlebihan. Mencuci rambut memang baik untuk rambut, tetapi tidak perlu dilakukan secara berlebihan. 

Pasalnya, jika mencuci rambut dilakukan secara berlebihan maka bisa menghilangkan minyak alami dari kulit kepala, hingga membuat rambut kering dan rapuh. 

Penggunaan kondisioner dan masker rambut

Berikutnya adalah dengan cara memakai kondisioner. Kondisioner terbukti membuat rambut lebih bernutrisi, sehat sehingga mencegah terjadinya kerusakan rambut, kering dan rusak. 

Cara penggunaannya bisa diaplikasikan dari pangkal hingga ujung rambut setelah keramas dan dalam kondisi setengah basah. 

Setelah itu bilas rambut basah sampai bersih, dan pastikan tidak ada residu yang tersisa agar tidak menyebabkan gatal dan berketombe. Jika dibutuhkan lengkapi dengan vitamin yang bernutrisi baik untuk rambut seperti, vitamin A dan C.

Menyisir rambut dengan lembut dan benar

Perawatan rambut bercabang bisa dimulai dari hal kecil seperti tidak terlalu kasar saat menyisir rambut, apalagi jika rambut setelah keramas yang masih basah. Usahakan untuk menggunakan sisir yang bergigi renggang agar tidak merusak lapisan kutikula rambut. 

Hal ini disebabkan lapisan kutikula ini cukup rapuh dan rentan, selain menyisir dengan sisir yang renggang, hindari menggosok rambut setelah keramas dengan kasar.

Penggunaan produk perawatan rambut alami

Menggunakan produk perawatan rambut yang benar juga menjadi salah satu kunci utama untuk mengatasi rambut bercabang. 

Hindari penggunaan produk rambut dengan bahan-bahan kimia seperti, rebonding, smoothing, maupun hair coloring karena kandungan styling rambut tersebut sudah dipastikan mengandung bahan kimia dan berbahaya. 

Untuk itu, Bestie Kelaya perlu menghindari produk rambut dengan bahan-bahan kimia, dan menggantinya dengan produk berbahan alami. Cara tersebut dinilai cukup efektif untuk mengembalikan rambut tetap sehat dan tidak mudah bercabang. 

Memotong ujung rambut secara teratur

Memotong rambut sebaiknya dilakukan secara rutin, idealnya ujung rambut perlu dipotong setiap enam minggu sekali, khususnya ujung rambut. 

Jika Bestie Kelaya menemukan ujung rambut yang sudah kering dan bercabang, ada baiknya untuk segera memotongnya.

Itu lah beberapa cara mengatasi rambut bercabang yang bisa Bestie Kelaya lakukan, agar rambut tetap sehat alami. Meski rambut bercabang sering dianggap sepele, hal ini bisa mempengaruhi kesehatan rambut lho. Jadi, sebaiknya lakukan perawatan rambut dengan benar dan teratur supaya kesehatan rambut tetap terjaga.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published