Perlu Diperhatikan, Ini Makanan Penyebab Rambut Rontok!

Perlu Diperhatikan, Ini Makanan Penyebab Rambut Rontok!

Perlu Diperhatikan, Ini Makanan Penyebab Rambut Rontok!

Seperti yang sudah kita ketahui, makanan yang kita konsumsi berpengaruh pada kesehatan badan. Supaya kesehatan tetap terjaga maka sebaiknya mengkonsumsi makanan-makanan yang kaya akan nutrisi. 

Ternyata makanan juga tidak hanya menyehatkan fisik atau badan, tetapi juga mempengaruhi kesehatan rambut, lho. Namun, jika mengonsumsi makanan yang kurang tepat, tidak hanya mempengaruhi kesehatan tubuh tetapi juga merusak kesehatan rambut lho, Bestie Kelaya. 

Maka dari itu, sebaiknya untuk mengonsumsi makanan yang bernutrisi supaya bisa menjaga kesehatan rambut. 

Namun, faktanya ada beberapa makanan yang tidak banyak diketahui justru menyebabkan rambut rontok. Bahkan, makanan-makanan ini sering disepelekan dan tidak diperhatikan kandungan nutrisinya, karena mudah ditemukan dan enak. 

Tanpa berlama-lama, yuk langsung simak pembahasan selengkapnya tentang makanan penyebab rambut rontok. 

Makanan Yang Mengandung Glikemiks Tinggi

Makanan penyebab rambut rontok yang pertama adalah makanan dengan kandungan glikemiks tinggi. Padahal makanan ini justru sering kita konsumsi sebagai makanan sehari-hari. Contohnya ada permen, nasi putih, roti putih, margarin, kue dan makanan manis yang mengandung gula tinggi. 

Lalu, kenapa makanan ini menyebabkan rambut rontok? Jadi, ketika tubuh mengolah gula yang berasal dari makanan yang sudah disebutkan tadi, badan akan mengkonsumsi hormon insulin dan kemudian akan berdampak pada naiknya glukosa. Sehingga, hal ini akan mengakibatkan kadar androgen yang mempengaruhi folikel pada kulit kepala. 

Ikan Atau Seafood Yang Mengandung Merkuri

Berikutnya ada ikan atau seafood yang menjadi salah satu makanan penyebab rambut rontok. Meskipun ikan dikenal sebagai sumber nutrisi dan baik untuk kesehatan. 

Faktanya, ikan juga berbahaya untuk dikonsumsi dan manfaatnya akan berkurang karena terkandung merkuri. 

Jika mengonsumsi ikan yang mengandung merkuri, akibatnya akan meningkatkan risiko kerontokan rambut. 

Contoh ikan yang mengandung merkuri seperti, ikan mackerel dan tuna. Tetapi Bestie Kelaya tidak perlu khawatir, karena ada beberapa ikan yang rendah merkuri dan aman dikonsumsi seperti salmon.

Makanan Yang Mengandung Tinggi Protein Hewani

Makanan penyebab rambut ketiga adalah makanan yang mengandung protein hewani tinggi. Contohnya seperti daging, meskipung mengandung nutrisi baik dan penting untuk kesehatan rambut, tetapi jika dikonsumsi kebanyakan akan membuat rambut rontok dan kurang sehat. 

Maka dari itu, Bestie Kelaya perlu memperhatikan jumlah asupan daging agar rambut tetap sehat. 

Salah satu caranya adalah dengan mengimbangi bersama sayur-sayuran atau makanan yang mengandung tinggi serat. Seperti bayam, brokoli, tahu, gandum dan lainnya. Sebab, kandungan tinggi serat ini mengandung keratin yang merupakan zat utama untuk memperkuat dan membentuk rambut.

Junk Food Atau Makanan Cepat Saji

Junk food atau makanan cepat saji ini juga tidak baik jika dikonsumsi berlebihan. Sebab, makanan ini menjadi penyebab rambut rontok dan membuat kesehatan rambut menurun.

 Makanan cepat saji banyak mengandung lemak jenuh yang membuat pori-pori kulit rambut kepala tersumbat. 

Hingga akhirnya rambut menjadi mudah rontok. Jadi, jika ingin rambut kamu sehat dan kuat hindari untuk mengonsumsi makanan cepat saji yang digoreng maupun dipanggang dengan margarin.

Makanan Yang Mengandung Selenium Tinggi

Last but not least, makanan penyebab rambut rontok terakhir adalah makanan yang mengandung selenium tinggi. Biasanya terdapat pada makanan seperti, tuna, daging, kerang, nasi putih dan lain-lain. 

Meskipun selenium dibutuhkan tubuh sebagai antioksidan, tetapi jika dimakan secara berlebihan justru akan merusak kesehatan rambut dan dapat meningkatkan kadar selenium dalam darah yang menyebabkan rambut gampang rontok.

Nah, itu lah penjelasan lengkap mengenai makanan penyebab rambut rontok. Jadi, Bestie Kelaya perlu mengatur asupan makanan supaya tidak merusak nutrisi dan kesehatan rambut ya. 


Pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan sehat yang bernutrisi, serta menggunakan produk alami yang sesuai dengan kondisi rambut seperti, memakai Shampoo dan Conditioner Kelaya yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published