Cara Menjaga Kesehatan Rambut dari Efek Buruk AC Setiap Hari

Cara Menjaga Kesehatan Rambut dari Efek Buruk AC Setiap Hari

Cara Menjaga Kesehatan Rambut dari Efek Buruk AC Setiap Hari

Sebagai pekerja kantoran, membuat kamu sering berada di ruangan dengan paparan AC terus-menerus. Sepulang dari kantor, masih terpapar AC di rumah, apalagi jika tinggal di perkotaan yang memiliki suhu panas, misalnya di Jakarta atau Surabaya. 

Namun, tahukah Bestie Kelaya bahwa efek buruk AC bagi kesehatan? Bahkan, tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan, tetapi juga pada kesehatan rambut. 

Menurut studi, ideal kadar kelembaban berkisar antara 45%-64% (RH), sementara kadar air yang terlalu rendah alias kering bisa  meningkatkan penyebaran bakteri dan virus. 

Nah, jika sering terpapar AC maka kadar udara akan terlalu dingin dan kering, dan akan berdampak pada kesehatan rambut. Lalu apa saja efek buruk AC pada rambut? Berikut penjelasannya.

Efek buruk AC pada kesehatan rambut

Efek buruk AC tidak hanya berdampak pada kesehatan secara fisik, tetapi juga kesehatan rambut. Pasalnya, AC menyebabkan kulit dehidrasi termasuk kulit kepala, sehingga mengakibatkan rambut menjadi kering dan mudah kusut. Padahal, kulit kepala yang lembab atau berminyak juga memiliki kelebihan untuk melindungi rambut dari kerusakan. 

Namun, efek buruk AC justru mengikis kadar air yang ada di dalam epidermis kulit dan rambut. Itu lah sebabnya, jika terlalu lama terpapar AC akan menyebabkan kulit kering, gatal hingga menyebabkan rambut kering dan berketombe. Tidak hanya itu, rambut kering akan menyebabkan mudah rontok. Apalagi jika rambut juga terpapar dengan pencemaran udara yang buruk, seperti, polusi udara, cuaca ekstrim, atau terpapar bahan kimia. 

Cara menjaga kesehatan rambut yang terpapar AC

Setelah mengetahui efek buruk AC pada rambut, berikutnya Bestie Kelaya perlu mengetahui cara menjaga kesehatan rambut yang terpapar AC sehari-hari. Berikut beberapa cara mudah yang bisa dilakukan. 

Hindari kontak langsung dengan arah AC

Bestie Kelaya mungkin sering merasa nyaman duduk atau berdiri di dekat AC, tetapi hindari kontak langsung dengan arah hembusan udara dari AC. Aliran udara langsung dapat membuat rambut menjadi kering dan kusam. 

Cara menjaga kesehatan rambut dari AC bisa dilakukan dengan memakai penutup kepala atau  mengatur posisi duduk atau tempat berdiri sehingga tidak ada aliran udara AC yang langsung mengenai rambutmu.

Minum air yang cukup

Cara menjaga kesehatan rambut, maka kamu harus menjaga kelembaban rambut tidak hanya bisa dilakukan dari luar, tetapi juga dari dalam tubuh. Pastikan kamu minum cukup air putih setiap harinya. Air yang cukup akan menjaga tubuh, termasuk akar rambut, tetap terhidrasi dengan baik. Ini akan membantu rambut tetap lembut dan berkilau.

Menggunakan shampoo dan conditioner terbaik

Pemilihan produk perawatan rambut yang tepat juga sangat penting dalam menjaga kesehatan rambutmu. Usahakan untuk menggunakan shampoo dan kondisioner yang mengandung formula kaya kelembaban. 

Pilihlah produk yang dirancang khusus untuk melembabkan rambut kering akibat paparan AC. Gunakan sampo pada kulit kepala dan rambut, kemudian gunakan kondisioner pada ujung rambut untuk memberikan kelembaban ekstra. 

Salah satunya dengan memakai Kelaya Hair Shampoo beserta Conditioner Leave On dari Kelaya. Kandungan alaminya, dari mulai ekstrak minyak kemiri, aloe vera, dan bahan lainnya, diformulasikan untuk menjaga dan menguatkan rambut.

Mengatur frekuensi penggunaan hair styling rambut

Last but not least, cara menjaga kesehatan rambut berikutnya adalah dengan mengatur penggunaan hair styling untuk rambut. Karena suhu panas dari hair styling juga dapat merusak nutrisi rambut. 

Daripada memakai hair styling rambut, Bestie Kelaya bisa melakukan perawatan rutin seperti mengeksfoliasi kulit kepala secara teratur. Caranya dengan menyikat kulit kepala atau produk pengelupasan kulit. Sebab cara ini sangat membantu untuk menghilangkan ketombe atau rambut rontok.

Itu dia penjelasan mengenai efek buruk AC pada kesehatan rambut. Namun tidak perlu khawatir, dengan menjalankan tips-tips di atas, kamu dapat menjaga kesehatan rambutmu meskipun berada dalam ruangan dengan AC. 

Hindari kontak langsung dengan arah hembusan udara AC, minumlah air putih yang cukup, menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung kelembaban. Dengan perawatan yang baik, rambutmu tetap akan bersinar dan sehat meskipun dalam kondisi yang menantang seperti, polusi udara maupun terpapar AC.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published