Manfaat Minyak Kemiri dan Cara Tepat Penggunaannya

Manfaat Minyak Kemiri dan Cara Tepat Penggunaannya

Manfaat Minyak Kemiri dan Cara Tepat Penggunaannya

Manfaat minyak kemiri memang cukup banyak untuk rambut. Kemiri atau aleurites moluccanus adalah tanaman yang bijinya memiliki fungsi untuk mengatasi masalah-masalah rambut. Salah satu di antaranya adalah masalah rambut yang rontok yang sering menjadi kekhawatiran, terutama para wanita. 


Dalam biji kemiri sendiri terkandung protein dan mineral yang dapat meningkatkan kekuatan rambut mulai dari akar hingga ujungnya. Maka dari itu tidak heran, jika minyak kemiri digunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok. 


Jika ingin membuktikannya Bestie Kelaya dapat mengambil beberapa tetes minyak kemiri dan mengolesnya secara merata di kedua telapak tangan. Kemudian, aplikasikan minyak kemiri secara merata di kulit kepala dan rambut. Pijat lembut kulit kepala untuk merangsang pertumbuhan rambut dan pada saat bersamaan memperkuat akar rambut. Diamkan selama 15 hingga 30 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.

Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut

Selain manfaat minyak kemiri untuk mengatasi rambut rontok, berikut beberapa manfaat minyak kemiri lainnya untuk rambut: 

Mengatasi ketombe

Manfaat minyak kemiri yang pertama adalah untuk mengatasi ketombe. Minyak kemiri memiliki sifat anti inflamasi berkat kandungan asam linoleat yang merupakan jenis asam lemak tak jenuh. Hal ini membantu mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh ketombe.


Cara menggunakan minyak kemiri untuk mengatasi masalah ketombe rambut. Mulai dari oleskan secara lembut minyak kemiri pada kulit kepala. Pijatlah selama 10 menit, kemudian bilas dengan air sampai bersih. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Membuat rambut lebih berkilau

Manfaat minyak kemiri lainnya, bisa membuat rambut lebih berkilau. Sebab, minyak kemiri mengandung asam gamma linolenic yang berfungsi sebagai conditioner alami. Kandungan ini membantu mengembalikan kelembapan rambut, sehingga rambut tampak lebih berkilau.


Tak hanya itu, minyak kemiri juga memiliki kemampuan untuk memberikan tampilan rambut yang lebih gelap. Cara menggunakan minyak kemiri agar rambut berkilai, kamu dapat mengoleskan sedikit minyak kemiri pada rambut setelah keramas.

Memberikan perlindungan terhadap sinar matahari

Paparan sinar matahari secara terus-menerus dapat merusak sel-sel pewarna rambut. Hal ini menyebabkan warna rambut perlahan memudar dan tampak kusam seperti karat pada besi.


Selain itu, paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat merusak struktur rambut yang dikenal dengan sebutan keratin. Akibatnya, tekstur rambut menjadi lebih kasar dan rambut cenderung menempel satu sama lain, sulit diatur.


Untuk mencegah kerusakan ini, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan minyak kemiri. Minyak ini mengandung vitamin E yang berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari (UVA dan UVB).


Sementara, Vitamin E yang terkandung pada minyak kemiri bekerja menetralisir radikal bebas dengan melindungi sel membran rambut dari kerusakan. Kandungan ini juga membantu mencegah masalah kulit kepala, termasuk salah satunya adalah psoriasis.

Membantu mengatasi psoriasis

Last but not least, manfaat minyak kemiri yang terakhir adalah membantu mengatasi Psoriasis. Psoriasis adalah masalah kulit kepala yang ditandai dengan kulit yang bersisik, gatal, dan rambut yang rontok. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mengaplikasikan beberapa tetes minyak kemiri pada kulit kepala.


Untuk hasil maksimal, cara menggunakan minyak kemiri, dimulai dari tuangkan minyak kemiri ke dalam sebuah wadah atau mangkuk kecil. Kemudian, oleskan minyak tersebut ke seluruh helai rambut dan kulit kepala.


Rambut bisa dalam kondisi basah atau kering. Lalu, sisir rambut dari akar hingga ujung agar minyak kemiri meresap secara merata ke kulit kepala.


Setelah merata, ikat rambut dan tutupin dengan penutup kepala atau shower cap. Biarkan selama 1 jam atau semalaman. Bilas dengan menggunakan sampo dan air hangat pada pagi hari setelah bangun tidur.

Dapatkan kebaikan minyak kemiri dari Minyak Kemiri Kelaya


Nah, buat Bestie Kelaya yang sedang mencari minyak kemiri terbaik dan praktis. Salah satu produk Kelaya bisa jadi pilihan yang tepat! Yup, Minyak Kemiri Kelaya jawabannya. Minyak Kemiri Kelaya yang mengandung bahan utama Kemiri, berfungsi untuk membantu menjaga batang rambut agar lebih sehat. 


Selain kemiri, Kelaya Minyak Kemiri juga mengandung Caster Oil yang dapat memperkuat rambut, hingga melawan kuman yang dapat menyebabkan ketombe. Terdapat juga asam lemak omega-6, omega-9 dan juga asam risinoleat yang semuanya baik untuk membuat rambut agar lebih sehat, hitam, berkilau dan tidak mudah patah.


Itulah, beberapa manfaat dari minyak kemiri yang perlu Bestie Ketahui. Meskipun penggunaan minyak kemiri aman, bagi pengidap alergi perlu berhati-hati ya, jika selama pemakaian mengalami gangguan kesehatan setelah menggunakan minyak kemiri, segera konsultasikan dengan dokter atau hentikan pemakaian. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

kelaya-minyak-kemiri

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published