Mengatasi Kulit Kepala Kering dan Gatal: Penyebab dan Solusi

Mengatasi Kulit Kepala Kering dan Gatal: Penyebab dan Solusi

Mengatasi Kulit Kepala Kering dan Gatal: Penyebab dan Solusi

Kelaya.co.id - Kulit kepala yang kering dan gatal seringkali menciptakan ketidaknyamanan yang tak tertahankan. Kondisi ini muncul akibat berbagai faktor, dan penanganannya harus sesuai dengan akar masalah yang menyebabkannya.

Kulit kepala kering adalah sebuah kondisi umum yang ditandai oleh adanya sisik dan rasa gatal yang intens di area kepala. Penyebab dari kondisi ini pun sangat beragam, mulai dari eksim, psoriasis, sampai dermatitis seboroik.

Ada berbagai faktor lain yang juga bisa memicu munculnya kulit kepala kering, misalnya udara dingin dan kering, penggunaan produk perawatan rambut yang kurang tepat, serta peningkatan usia. Meski tampak ringan, kondisi ini harus segera ditangani agar tidak berkembang menjadi lebih buruk.

Penyebab Kulit Kepala Kering dan Solusi Mengatasinya

Beberapa kondisi yang bisa memicu kulit kepala kering dan cara mengatasinya adalah:

Psoriasis 

Psoriasis dapat membuat kulit kepala kering dan memerah, disertai dengan sisik akibat kulit yang mengelupas dan menumpuk. Psoriasis biasanya muncul di kulit kepala, tetapi juga bisa muncul di belakang leher, belakang telinga, dan kening.

Penyebab psoriasis belum diketahui secara pasti, tetapi diduga terkait dengan gangguan sistem kekebalan tubuh yang membuat kulit tumbuh terlalu cepat dan mudah mengelupas. Selain membuat kulit kepala kering, psoriasis juga bisa menimbulkan rasa gatal serta kulit menebal dan berkerak.

Psoriasis ringan bisa diatasi dengan krim, gel, salep, atau sampo antiketombe yang mengandung coal tar dan asam salisilat atau antibiotik.

Untuk psoriasis dengan tingkat keparahan sedang hingga berat, dokter biasanya akan meresepkan obat suntik atau oral, seperti kortikosteroid, methotrexate, vitamin D dan A, dan ciclosporin. Terapi sinar ultraviolet juga bisa dilakukan untuk mengatasi psoriasis.

Eksim 

Eksim bisa mempengaruhi bagian tubuh manapun, termasuk kulit kepala. Eksim di kulit kepala adalah jenis eksim yang membuat kulit kepala menjadi kering, meradang, dan gatal.

Eksim kulit kepala biasanya terjadi pada anak-anak atau bayi, dengan sebutan cradle cap atau crib cap. Biasanya, kondisi ini akan hilang dengan sendirinya saat bayi mencapai usia satu tahun.

Jika eksim kulit kepala Anda cukup parah, dokter biasanya akan meresepkan krim atau salep yang mengandung kortikosteroid. Anda juga bisa menggunakan sampo antiketombe yang dijual bebas dan hindari menggaruk kulit kepala.

Dermatitis Seboroik 

Dermatitis seboroik, atau juga dikenal sebagai eksim seboroik atau psoriasis seboroik, adalah kondisi yang dapat memicu sisik pada kulit kepala, kemerahan, dan munculnya ketombe.

Dermatitis seboroik tidak hanya muncul di kulit kepala, tetapi juga dapat berpengaruh pada area tubuh lain seperti wajah, hidung, alis, telinga, kelopak mata, dan dada.

Penyebab pasti kulit kepala kering akibat dermatitis seboroik belum diketahui secara pasti, tetapi diduga disebabkan oleh peradangan yang berkaitan dengan psoriasis atau jamur Malassezia yang ada di kulit kepala.

Dermatitis seboroik adalah kondisi medis yang bersifat kronis atau sering kambuh. Oleh karena itu, kondisi ini memerlukan perawatan secara berkala.

Mengatasi dermatitis seboroik ringan bisa dilakukan dengan menggunakan sampo yang mengandung ketoconazole, selenium sulfide, dan zinc pyrithione. Gunakan dua kali seminggu.

Namun, jika Anda mengalami gejala dermatitis berat, dokter mungkin akan meresepkan obat untuk menekan aktivitas sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif. Dokter juga akan melakukan perawatan untuk mengatasi peradangan pada kulit dan memberikan obat oles untuk mengatasi bakteri.

Dokter juga bisa meresepkan obat antijamur dalam bentuk tablet atau sampo untuk mengatasi kondisi ini.

Kulit kepala kering tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga berpotensi menyebabkan infeksi jika tidak ditangani. Jika penanganan dengan menggunakan sampo, krim, atau gel khusus untuk kulit kepala kering tidak berhasil, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter.

Dokter akan melakukan pemeriksaan dan menentukan penyebab kulit kepala kering yang Anda alami serta menentukan pengobatan yang tepat.

Melakukan perawatan kulit kepala yang tepat dan segera berkonsultasi dengan dokter saat menemukan gejala adalah kunci utama untuk mencegah dan mengatasi kulit kepala kering. Dengan demikian, Anda dapat kembali menikmati rasa nyaman dan kepercayaan diri tanpa diganggu oleh kulit kepala yang kering dan gatal.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published