8 Mitos Rambut Rontok yang Sering Dipercayai, Benarkah?

8 Mitos Rambut Rontok yang Sering Dipercayai, Benarkah?

8 Mitos Rambut Rontok yang Sering Dipercayai, Benarkah?

Rambut rontok adalah salah satu masalah rambut yang banyak dialami oleh wanita maupun pria. Secara normal, setiap orang biasanya akan kehilangan sekitar 50-100 helai rambut setiap harinya. Namun, jika jumlah rambut rontok lebih dari itu, maka kerontokan rambut dianggap berlebihan. Jika Bestie Kelaya mengalami hal ini, sebaiknya segera atasi dengan cara yang tepat. 


Namun, pastikan mengatasi rambut rontok dengan cara yang tepat. Sebab, banyaknya mitos rambut rontok yang sering dipercayai orang, justru tidak baik untuk kesehatan rambut. Nah, siapa tidak salah kaprah, cek yuk mitos rambut rontok dan fakta rambut rontok di artikel ini.

Mitos rambut rontok dan fakta rambut rontok

Berikut beberapa mitos rambut rontok yang perlu Bestie Kelaya cek fakta rambut rontok: 

1. Rambut tipis karena usia

Mitos rambut rontok yang sering dipercayai adalah rambut tipis dan rontok karena faktor usia. Padahal fakta rambut rontok, rambut tipis hingga rontok disebabkan oleh banyak faktor. 

Faktor penyebab rambut rontok seperti, gaya hidup, tingkat stres, kesehatan, dan faktor lainnya yang dapat menjadi pemicu kerontokan rambut. Jadi, penyebab rambut rontok tidak hanya disebabkan oleh usia tetapi juga ada penyebab lainnya. Meskipun memang usia seseorang berkaitan langsung dengan kerontokan rambut.

Tetapi tidak jarang juga banyak orang yang masih memiliki rambut tebal walaupun sudah berumur. 

2. Keramas terlalu sering picu rambut rontok

Keramas terlalu sering menyebabkan rambut rontok? Benarkah? fakta rambut rontok, rambut rontok yang disebabkan keramas, belum tentu karena intensitas ya, Bestie. Bisa jadi, shampoo yang digunakan kurang cocok untuk rambut. Hal ini biasanya berhubungan dengan bahan-bahan yang terkandung pada shampoo. Jadi, pastikan untuk memilih shampoo dengan bahan yang aman. 

3. Pria berumur di atas 50 tahun rentan botak

Banyak yang percaya dengan mitos rambut rontok terjadi pada pria yang berumur di atas 50 tahun. Namun, fakta rambut rontok tidak semua pria yang sudah berumur mengalami kebotakan. 

Sama seperti penjelasan sebelumnya, faktor kebotakan pada pria bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti, genetika. 

Untuk mengatasi kebotakan karena genetika bisa dilakukan konsultasi degan ahli hingga perawatan medis. 

4. Pengering rambut menyebabkan kerontokan 

Rambut rontok memang bisa jadi disebabkan oleh seringnya penggunaan pengering rambut. Namun, hal ini belum ada studi ilmiah yang membuktikannya. Sementara fakta yang ada, menggunakan pengering rambut pada jarak aman, tidak menyebabkan kerontokan rambut, atau efek signifikan yang bisa merusak kesehatan rambut. 

5. Stress dapat memicu rambut rontok 

Stress memang sering dikaitkan dengan kerontokan rambut. Namun apakah benar mitos rambut rontok ini benar? fakta rambut rontok, stress bukan pemicu utama kerontokan rambut yang berlebihan. 

Kecuali jika pemilik rambut mengalami stress atau trauma berlebihan yang dapat mengganggu kesehatan, hingga mengganggu kesehatan kulit kepala. 

6. Minoxidil bisa menumbuhkan rambut

Mitos rambut rontok yang menyatakan bahwa minoxidil hanya bisa menumbuhkan rambut, memang sudah beredar luas dan dipercaya. Namun, nyatanya ada banyak terapi lain yang dapat menumbuhkan rambut yang sehat dan kuat. Contohnya, seperti terapi Platelet Rich Plasma atau terapi laser yang terbukti membantu pertumbuhan rambut. 

7. Produk perawatan memicu rambut rontok

Produk perawatan rambut seperti, gel rambut, hair spray, atau minyak rambut diyakini sebagai penyebab rambut rontok. Namun, jika pemakaiannya tidak berlebihan dan masih dalam batas wajar tentu tidak akan menyebabkan rontok berlebihan. 

Untuk memastikan lagi, Bestie Kelaya bisa memakai produk perawatan rambut yang mengandung bahan alami. Seperti, minyak rambut, aloe vera, kemiri, minyak almond, argan dan lain-lain. 

8. Aktif secara seksual bisa menyebabkan kerontokan

Pernahkah bestie Kelaya mendengar mitos satu ini? Mitos rambut rontok satu ini dianggap salah kaprah, dan belum ada penjelasan yang logis mengenai mitos satu ini. 

fakta rambut rontok, kadar testosteron yang meningkat pada orang aktif secara seksual tidak menyebabkan kerontokan. 

Nah, itu dia beberapa mitos dan fakta rambut rontok. Untuk mengatasi masalah rambut rontok, pastikan Bestie Kelaya melakukan cara-cara yang tepat. Salah satunya dengan memakai produk perawatan rambut dari Kelaya. Mulai dari shampoo, minyak kemiri, dan serum yang diformulasikan untuk mengatasi masalah rambut rontok. 

Untuk kandungan bahannya pun Bestie Kelaya tidak perlu khawatir, karena semua produk sudah menggunakan bahan-bahan alami seperti, aloe vera, vitamin B5, minyak argan, minyak kemiri dan bahan alami lainnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published