Polusi Udara Menjadi Penyebab Rambut Rontok, Benarkah?

Polusi Udara Menjadi Penyebab Rambut Rontok, Benarkah?

Polusi Udara Menjadi Penyebab Rambut Rontok, Benarkah?

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan pernyataan bahwa polusi udara khususnya di Jakarta semakin meningkat, apalagi pada musim kemarau seperti ini. Tentu hal ini bukan hal yang baik buat kesehatan ya, Bestie. 

Polusi udara tidak hanya merusak kesehatan seperti, paru-paru, dampak polusi udara juga dapat menjadi penyebab rambut rontok hingga kebotakan. 

Meskipun penyebab rambut rontok cukup bervariasi. Namun, polusi udara ini sering dikaitkan juga menjadi penyebab rambut rontok yang tidak disadari. Maka dari itu, di artikel kali ini Kelaya akan membahas fakta penyebab rambut rontok sebagai dampak polusi udara. Simak hingga selesai, ya!

Polusi udara merusak folikel rambut

Dampak polusi udara yang sering dihirup dalam kehidupan sehari-hari ternyata memiliki dampak negatif terhadap kesehatan rambut dan kulit kita. Salah satunya adalah merusak folikel rambut. 


Folikel rambut adalah struktur kecil di kulit kepala yang menghasilkan rambut. Kesehatan folikel rambut sangat penting bagi pertumbuhan dan kekuatan rambut kita. Namun, paparan terus-menerus terhadap polusi udara dapat menjadi penyebab rambut rontok. Partikel-partikel polutan dalam udara, seperti debu, zat kimia berbahaya, dan logam berat, dapat menempel pada kulit kepala dan menyumbat pori-pori. Akibatnya, sirkulasi darah yang mengalir ke folikel rambut dapat terganggu, menghambat pasokan nutrisi yang diperlukan oleh folikel rambut untuk pertumbuhan yang sehat.


Selain itu, polusi udara juga dapat menyebabkan peradangan pada kulit kepala. Kamu mungkin pernah mengalami gatal-gatal atau ketombe yang lebih sering muncul saat berada di area yang padat polusi. Partikel-partikel polutan ini dapat merusak lapisan pelindung alami kulit kepala dan memicu reaksi peradangan. Ketika folikel rambut terkena peradangan, pertumbuhan rambut dapat terganggu, dan menjadi penyebab rambut rontok, bahkan lebih parah terjadi kebotakan. 

Faktor penyebab rambut rontok karena polusi 

Polusi udara adalah masalah serius yang banyak dialami di kota-kota besar dan daerah perkotaan, terutama di Ibukota Jakarta. Namun, tidak hanya masalah lingkungan, dan kesehatan, tetapi polusi juga dapat menjadi penyebab rambut rontok yang harus segera ditangani. 

 

Kamu mungkin merasa bahwa polusi hanya mempengaruhi paru-paru dan saluran pernapasan, namun dampaknya dapat lebih parah untuk rambutmu. Lalu, apa saja faktor penyebab rambut rontok karena polusi?

Terpapar polusi terlalu lama

Paparan terlalu lama terhadap polusi udara juga menjadi masalah serius. Ketika kita terus-menerus berada di luar ruangan yang terpapar polusi, rambut kita dapat mengalami kerusakan akibat partikel-partikel polutan yang menempel. 

Selain itu, panjangnya waktu paparan terhadap polusi juga dapat mengakibatkan penumpukan partikel-partikel tersebut pada folikel rambut, menghambat pertumbuhan yang sehat.

Tingkat polusi udara yang tinggi

Ketika tingkat polusi udara tinggi dan kamu terpapar secara berkelanjutan, akan menyebabkan folikel rambut dapat mengalami beberapa permasalahan. Pertama, sirkulasi darah ke folikel rambut dapat terganggu. Nutrisi dan oksigen yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut tidak dapat disalurkan dengan baik, menghambat pertumbuhan rambut baru. 

Kedua, polusi dapat menyebabkan peradangan pada kulit kepala. Ini dapat mengakibatkan kondisi seperti gatal-gatal, ketombe, dan kulit kepala yang merah dan iritasi. Peradangan ini juga dapat memicu respons autoimun yang dapat mengganggu pertumbuhan rambut.

Cara mencegah rambut rontok karena polusi udara 

Setelah mengetahui penjelasan dampak polusi udara yang menjadi penyebab rambut rontok. Bestie Kelaya perlu mengetahui bagaimana cara mencegah rambut rontok, supaya tetap aman. Berikut cara-cara yang bisa dilakukan dengan mudah. 

Bersihkan rambut dan kulit kepala secara teratur

Rajin mencuci rambut dengan shampo yang cocok untuk jenis rambutmu adalah cara pertama mencegah rambut rontok. Membersihkan rambut dan kulit kepala secara teratur membantu menghilangkan partikel-partikel polusi yang menempel pada rambut dan pori-pori kulit kepala. Pastikan kamu menggunakan sampo yang lembut dan bebas bahan kimia keras untuk menjaga keseimbangan minyak alami kulit kepala.

Gunakan penutup kepala

Saat berada di luar ruangan, gunakan penutup kepala seperti topi atau scarf untuk melindungi rambutmu dari paparan langsung polusi udara. Penutup kepala juga dapat membantu mencegah partikel-partikel polusi menempel pada rambut dan kulit kepala.

Hindari mengikat rambut terlalu kencang

Cara mencegah rambut rontok salah satunya dengan tidak mengikat rambut terlalu kencang, sebab hal ini menyebabkan kerusakan pada rambut. Rambut yang terlalu sering tertarik dapat mengalami patah dan rontok. Pilih gaya rambut yang lebih longgar atau gunakan aksesori rambut yang tidak menyebabkan tekanan berlebih pada folikel rambut.

Memenuhi asupan nutrisi rambut

Pola makan yang sehat dapat membantu memperkuat rambut dari dalam. Konsumsi makanan yang kaya akan protein, vitamin, dan mineral seperti zat besi, zinc, dan vitamin E. Nutrisi yang cukup mendukung kesehatan folikel rambut dan pertumbuhan rambut yang kuat.

Minum air yang cukup

Last but not least, cara mencegah rambut rontok satu ini sering disepelekan. Padahal tubuh yang terhidrasi dengan baik juga penting untuk kesehatan rambut. Air membantu menjaga kelembaban kulit kepala dan merangsang sirkulasi darah yang baik ke folikel rambut. Pastikan kamu minum air yang cukup setiap hari.

Gunakan produk yang melindungi rambut

Pilih produk perawatan rambut yang mengandung bahan-bahan pelindung dari polusi dan kerusakan lingkungan. Produk-produk ini membantu membentuk lapisan pelindung pada rambut, mengurangi paparan langsung terhadap partikel-partikel polusi.


Hindari paparan polusi yang terlalu lama

Jika memungkinkan, hindari berada di luar ruangan yang terpapar polusi udara terlalu lama. Paparan berkepanjangan dapat meningkatkan risiko kerusakan rambut akibat partikel-partikel polusi.

Lindungi rambut dengan produk perawatan Kelaya

Menggunakan produk perawatan rambut berbahan dasar Kelaya, seperti shampoo, serum, minyak kemiri, dan hair conditioner, membawa manfaat luar biasa dalam melindungi rambut dari dampak polusi udara. 

Kandungan alami dalam produk kelaya tidak hanya membersihkan dan merawat rambut, tetapi juga membentuk pelindung efektif untuk menjaga kesehatan rambut. Dari membersihkan partikel-partikel polusi hingga memperkuat folikel rambut, kandungan kelaya bekerja untuk mencegah kerusakan akibat polusi dan meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

Dengan menggunakan rangkaian produk dari Kelaya ini, kamu bisa memberikan perlindungan holistik yang dapat menjaga rambut tetap indah dan kuat dalam menghadapi tantangan polusi udara yang semakin meningkat.

Nah itu, dia fakta tentang polusi udara yang menyebabkan rambut rontok. Setelah mengetahui bahayanya, jangan lupa untuk melakukan cara mencegah  rambut yang sudah dijelaskan sebelumnya. Lengkapi juga perlindungan rambut dari kerontokan dengan rangkaian produk dari Kelaya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published