5 Obat Rambut Rontok Alami dan Perawatannya, Wajib Dicoba!

5 Obat Rambut Rontok Alami dan Perawatannya, Wajib Dicoba!

5 Obat Rambut Rontok Alami dan Perawatannya, Wajib Dicoba!

Banyak brand yang menawarkan obat rambut rontok untuk mengatasi masalah yang paling banyak dialami oleh para wanita. 

Berdasarkan riset, dari 149 perempuan Indonesia lebih dari 60 persen memiliki permasalahan rambut rontok. Maka tidak heran jika banyak brand yang menawarkan obat rambut rontok. 


Namun, sebagai konsumen kita harus cerdas untuk memilih produk perawatan rambut ya Bestie. Sebaiknya, pahami dulu penyebab rambut rontok. Sebab rambut rontok bisa disebabkan oleh beberapa gangguan seperti, keturunan, perubahan hormon, kondisi medis, dan lain sebagainya. 

Jika rambut rontok tidak disebabkan oleh penyakit, masalah ini bisa diatasi dengan obat rambut rontok alami yang terbuat dari lidah buaya, minyak zaitun, santan, yoghurt, jambu, dan lain-lain. 

Lalu, apa saja sih obat rambut rontok alami yang ampuh mengobati rambut rontok? Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Penyebab rambut rontok

Seperti yang sudah dibahas sedikit sebelumnya, masalah rambut rontok bisa disebabkan oleh berbagai hal. 

Untuk mengatasi masalah ini, penting bagi Bestie Kelaya untuk memahami penyebabnya. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa penyebab umum rambut rontok dari faktor eksternal dan internal. Berikut ulasan penyebabnya. 

Faktor Eksternal

Pertama, rambut rontok dapat disebabkan oleh berbagai faktor eksternal diantaranya: 

Kerusakan lingkungan

Paparan terhadap polusi udara, sinar matahari yang berlebihan, dan bahan kimia seperti zat pewarna rambut yang keras dapat menyebabkan kerusakan pada rambut dan mengakibatkan kerontokan. 

Maka, lindungi rambut dengan menggunakan topi atau produk pelindung rambut yang sesuai dapat membantu mengurangi kerusakan lingkungan.

Penggunaan alat styling rambut 

Menggunakan alat pemanas seperti hair dryer, catokan, atau curling iron secara berlebihan dapat merusak helai rambut dan membuatnya lebih rapuh. 

Panas yang berlebihan dapat membuat akar rambut lemah dan menyebabkan rambut rontok. Penting untuk menggunakan alat pemanas dengan bijak dan menggunakan produk pelindung panas sebelumnya.

Terlalu kencang mengikat rambut

Mengikat rambut yang terlalu kencang seperti kuncir atau ekor kuda yang sangat ketat dapat menyebabkan tegangan berlebih pada akar rambut. 

Hal ini dapat merusak folikel rambut dan mengakibatkan rambut rontok secara perlahan. Maka dari itu, Bestie Kelaya sangat disarankan untuk membiarkan rambut "bernafas" dengan memberikan waktu istirahat dari mengikat rambut yang terlalu kencang.

Faktor Internal

Sementara penyebab rambut rontok dari faktor internal adalah sebagai berikut: 

Ketidakseimbangan Hormonal

Perubahan hormon dalam tubuh dapat menjadi penyebab rambut rontok. Misalnya, wanita mengalami perubahan hormonal selama kehamilan, setelah melahirkan, atau saat menopause yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Kondisi medis seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS) atau gangguan tiroid juga dapat mempengaruhi kesehatan rambut.

Kekurangan nutrisi

Asupan nutrisi yang tidak seimbang dapat memengaruhi pertumbuhan rambut. Kekurangan zat besi, protein, vitamin D, dan vitamin B kompleks dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh dan rentan rontok. 

Penting untuk menjaga pola makan yang sehat dan seimbang serta mempertimbangkan suplemen jika diperlukan.

Stres dan tekanan emosional

Stres kronis atau tekanan emosional yang berkepanjangan dapat mengganggu siklus pertumbuhan rambut. Stres dapat menyebabkan rambut berada dalam fase istirahat yang lebih lama dan akhirnya rontok.

Obat rambut rontok alami

Rambut rontok adalah masalah umum yang dialami oleh banyak orang. Meskipun kerontokan rambut normal, jumlah yang berlebihan dapat menimbulkan kekhawatiran. 

Untungnya, ada banyak obat rambut rontok alami yang dapat membantu mencegah atau mengurangi masalah ini tanpa efek samping yang merugikan. 

Nah, setelah mengetahui penyebab rambut rontok, berikut beberapa rekomendasi obat rambut rontok alami rekomendasi dari Kelaya: 

Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah obat rambut rontok alami yang sudah lama digunakan untuk menjaga kesehatan rambut. Kandungan asam lemak dalam minyak kelapa membantu menguatkan akar rambut, meningkatkan pertumbuhan, dan mengurangi kerontokan. 

Untuk menggunakannya, kamu cukup mengoleskan minyak kelapa hangat ke kulit kepala secara merata, pijat lembut selama beberapa menit, biarkan semalam, dan kemudian bilas keesokan harinya.

Lidah Buaya (Aloe Vera)

Obat rambut rontok alami berikutnya adalah lidah buaya. Lidah buaya dikenal memiliki sifat penyembuhan dan menghidrasi yang baik untuk rambut. 

Lebih lanjut, gel lidah buaya mengandung enzim proteolitik yang membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dari kulit kepala, sehingga mempromosikan pertumbuhan rambut baru. 

Untuk menggunakannya pun cukup mudah! Caranya oleskan gel lidah buaya segar ke kulit kepala, diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Teh Hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan yang dapat merangsang pertumbuhan rambut dan efektif menjadi obat rambut rontok alami. 

Gunakan teh hijau secara teratur atau gunakan air teh hijau untuk membilas rambut setelah mencuci. Ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut dan mencegah rambut rontok.

Bawang Putih

Meskipun bau yang kuat, bawang putih memiliki sifat yang baik untuk pertumbuhan rambut dan menjadi rekomendasi obat rambut rontok alami berikutnya. Bawang putih mengandung belerang, yang membantu meningkatkan aliran darah ke kulit kepala dan memperkuat folikel rambut. 

Haluskan beberapa siung bawang putih, campurkan dengan minyak kelapa, dan oleskan campuran ini ke kulit kepala selama 15-20 menit sebelum keramas.

Minyak Jarak

Obat rambut rontok alami selanjutnya, minyak jarak mengandung asam lemak omega-9 yang dapat menghidrasi rambut, mencegah kerusakan, dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Cara menggunakannya, oleskan minyak jarak ke kulit kepala dengan lembut, pijat selama beberapa menit, dan biarkan semalaman. Keesokan harinya, bilas rambut dengan sampo ringan.

Memilih produk perawatan rambut rontok yang tepat

Selain menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi rambut rontok, Bestie Kelaya juga dapat menggunakan beberapa produk perawatan rambut dari brand terpercaya. Memilih produk perawatan yang tepat mungkin agak membingungkan, karena banyaknya pilihan. 

Berikutnya, Kelaya akan memberikan tips bagaimana memilih produk perawatan rambut rontok yang tepat, Yuk, simak di bawah ini! 

Pilih produk yang mengandung bahan alami

Saat mencari produk perawatan rambut rontok, perhatikan kandungan bahan alami. Bahan-bahan seperti minyak kelapa, lidah buaya (aloe vera), teh hijau, atau minyak jarak telah terbukti efektif dalam merawat dan menguatkan rambut. 

Bahan-bahan alami cenderung lebih lembut dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit kepala.

Perhatikan kandungan nutrisi

Rambut yang sehat membutuhkan nutrisi yang tepat. Pilih produk yang mengandung nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan protein. 

Vitamin B kompleks, vitamin E, zat besi, dan asam amino adalah beberapa nutrisi yang penting untuk kesehatan rambut. 

Kandungan-kandungan ini akan membantu menguatkan rambut, merangsang pertumbuhan, dan mencegah kerontokan.

Sesuaikan dengan kondisi rambut

Setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda. Penting untuk memilih produk yang sesuai dengan jenis rambutmu ya, Bestie.

Jika memiliki rambut berminyak, pilihlah produk yang mengontrol produksi minyak berlebih dan tidak menyumbat pori-pori kulit kepala. 

Sementara jika memiliki rambut kering, pilihlah produk yang memberikan kelembaban tambahan dan mengurangi kerapuhan.

Pilih produk khusus untuk rambut rontok

Saat memilih produk, pastikan label atau deskripsi produk tersebut menyebutkan bahwa produk tersebut dirancang khusus untuk mengatasi masalah rambut rontok.

Usahakan untuk tidak memilih produk yang dirancang untuk mengatasi masalah rambut lainnya. Supaya formulanya dapat bekerja secara maksimal. 

Cara mencegah rambut rontok

Rambut rontok memang masalah umum yang sering dialami oleh setiap orang. Namun, jika rambut rontok parah dan berlebihan sebaiknya kita segera melakukan tindakan untuk mengatasinya. 

Selain mengatasi, lebih baik untuk mencegah rambut rontok kan, Bestie? Last but not least, Kelaya akan memberikan cara-cara efektif mencegah rambut rontok di bawah ini: 

Memilih produk perawatan rambut yang tepat

Hindari penggunaan produk perawatan rambut yang keras dan berbahan kimia agresif. Sampo, kondisioner, dan produk styling yang lembut dan bebas dari bahan-bahan yang berpotensi merusak rambut akan membantu menjaga kesehatan rambut. 

Pilih produk yang mengandung bahan alami, seperti lidah buaya atau minyak kelapa, yang dapat menghidrasi dan memperkuat rambut.

Jangan menggunakan alat styling rambut terlalu sering

Penggunaan alat pemanas seperti hair dryer, catokan, atau curling iron secara berlebihan dapat merusak rambut. 

Panas yang berlebihan dapat membuat rambut kering, rapuh, dan mudah rontok. Sebisa mungkin, biarkan rambut kering secara alami atau gunakan pengatur suhu yang rendah pada alat pemanas. 

Selain itu, jangan lupa menggunakan produk pelindung panas sebelum menggunakan alat pemanas.

Menjaga pola makan sehat

Nutrisi yang tepat adalah kunci untuk menjaga kesehatan rambut. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral yang penting bagi pertumbuhan rambut, seperti vitamin A, vitamin E, vitamin C, zat besi, dan protein.

Konsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran hijau, ikan, kacang-kacangan, dan telur untuk memenuhi kebutuhan nutrisi rambut Anda.

Hindari stres berlebihan

Stres yang berkepanjangan dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Stres dapat memicu rambut rontok atau membuat kerontokan rambut menjadi lebih parah. 

Jika stress datang, kamu bisa mengatasinya dengan cara seperti meditasi, yoga, atau olahraga ringan untuk mengurangi stres. Penting juga untuk beristirahat secukupnya dan mengatur pola tidur yang baik.

Itulah beberapa obat rambut rontok serta cara mencegahnya dari Kelaya. Perawatan rambut rontok memang tidak mudah dan dibutuhkan konsistensi. 

Jika rambut rontok ini sering Bestie Kelaya alami, Bestie bisa coba salah satu produk unggulan yaitu, Kelaya Shampoo yang mengandung 3 vitamin sekaligus yaitu, Vitamin A, C, E dan B-12. Masing-masing vitamin ini berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat dan bisa membuat rambutmu lebih kuat dan berkilau.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published