Anti Botak, Ini Cara Menumbuhkan Rambut dengan Cepat!

Anti Botak, Ini Cara Menumbuhkan Rambut dengan Cepat!

Anti Botak, Ini Cara Menumbuhkan Rambut dengan Cepat!

Rambut rontok menjadi salah satu mimpi buruk hampir setiap orang, apalagi jika sampai menimbulkan kebotakan. Apabila tidak ditangani dengan tepat, maka rambut akan sulit untuk tumbuh kembali. Untuk menumbuhkan dan menguatkan rambut tipis pun menjadi proses yang lama. 

Maka dari itu penting untuk memiliki rambut yang sehat dan subur, salah satunya dengan menggunakan produk perawatan rambut yang tepat. 

Saat ini banyak brand-brand perawatan rambut yang menjamin dapat menumbuhkan rambut dengan cepat, namun sebagai pengguna, Bestie Kelaya tentu harus pintar memilah produk yang tepat. Pasalnya, cara menumbuhkan rambut dengan cepat membutuhkan usaha, kesabaran serta konsistensi. 

Nah, tidak hanya menggunakan produk perawatan rambut, ada beberapa cara cepat menumbuhkan rambut secara alami yang bisa kamu coba. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Proses pertumbuhan rambut

Sebelum membahas cara cepat menumbuhkan rambut, hal penting lainnya yang harus Bestie Kelaya ketahui adalah proses pertumbuhan rambut. Pentingnya mengetahui proses ini, supaya dapat menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala dengan tepat, hingga mencegah kerontokan rambut. 


Ada 4 fase pertumbuhan rambut. Setiap fase juga memiliki periode waktunya masing-masing. Berikut fase pertumbuhan rambut yang perlu kamu ketahui: 

1. Fase anagen 

Proses pertumbuhan rambut yang pertama ada di fase anagen. Dalam fase ini membutuhkan waktu yang paling panjang yaitu, selama 3-10 tahun. 

Selama fase ini juga terjadi pembelahan sel yang ada di bulbus rambut, atau bagian akar yang memiliki folikel rambut, pigmen rambut, serta pembuluh darah. Selain itu, pembelahan sel seperti papila dermal juga tumbuh pada fase anagen ini. 

2. Fase Katagen

Fase pertumbuhan rambut berikutnya adalah fase katagen. Dibandingkan dengan fase sebelumnya, fase katagen berlangsung lebih cepat yaitu, 2-3 minggu. Selama proses pertumbuhan rambut ini, sel-sel dalam rambut berhenti membelah dan tidak memproduksi pigmen rambut. 

Kemudian, folikel rambut akan menyusut dan proses pertumbuhan rambut melambat. Meskipun begitu, rambut-rambut itu masih berada di posisis yang sama. 

3. Fase telogen

Lebih lanjut, fase berikutnya ada fase telogen. Fase ini berlangsung cukup lama juga selama 3-4 bulan. Pada fase ini, pertumbuhan rambut terhenti, namun setiap helai rambut belum rontok. Kemudian, folikel rambut akan terbentuk dan menggugurkan rambut yang berbentuk di fase katagen. Dua fase kerontokan rambut inilah yang disebut dengan fase telogen dan eksogen. 

4. Fase eksogen

Last but not least, fase pertumbuhan rambut terakhir adalah fase eksogen. Fase ini berlangsung dari 2 hingga 5 bulan, dan dalam proses ini akan ada 50-100 helai rambut yang rontok. Kemudian pada fase ini akan tumbuh rambut baru. 

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan rambut

Memiliki rambut yang sehat dan lebat serta tumbuh dengan cepat tentu menjadi impian semua orang. Namun, ada beberapa faktor yang mempengaruhi seberapa cepat pertumbuhan rambut. Diantaranya: 

1. Genetika

Gen menjadi salah satu faktor pertumbuhan rambut seseorang. Bahkan, genetika juga menentukan seberapa cepat pertumbuhan rambut juga. 

2. Gender

Faktanya, gender laki-laki maupun perempuan mempengaruhi pertumbuhan rambut. Menurut studi, rambut pria lebih cepat tumbuh dibandingkan dengan rambut wanita. 

3. Umur

Faktor ketiga adalah umur. Di antara umur 15 dan 30 pertumbuhan rambut akan melambat. Beberapa folikel akan berhenti tumbuh pada kulit kepala orang yang bertambah tua. Maka dari itu, tidak heran jika beberapa orang yang sudah lanjut usia memiliki rambut yang tipis dan mudah rontok hingga mengalami kebotakan. 

4. Nutrisi

Tidak dapat dipungkiri bahwa rambut membutuhkan nutrisi yang cukup agar rambut tetap terpelihara dan sehat. Salah satunya dimulai dengan menerapkan diet sehat dan mengkonsumsi makanan bernutrisi seperti, buah, sayuran, biji-bijian, lemak dan juga makanan yang mengandung vitamin dan zat besi.

Penyebab rambut susah tumbuh

Selain, terdapat faktor-faktor genetik yang mempengaruhi cepat lambatnya pertumbuhan rambut. Terdapat juga faktor yang dapat menghambat pertumbuhan rambut seperti, hormon pertumbuhan rambut yang tidak sensitif pada dihidrotestosteron (DHT), pola makan yang buruk, perawatan rambut yang tidak sesuai. 

Nah, maka dari Bestie Kelaya perlu melakukan beberapa cara cepat menumbuhkan rambut sebagai berikut:

Cara menumbuhkan rambut dengan cepat

Hampir semua wanita maupun pria menginginkan rambut yang lebat dan sehat, sehingga, tidak jarang banyak yang mencoba berbagai cara menumbuhkan rambut dengan cepat. Selain itu, banyak juga brand perawatan rambut yang digunakan untuk bisa membantu menumbuhkan rambut dengan cepat. 

Namun, ternyata menumbuhkan rambut tidak semudah membalik telapak tangan ya, Bestie. Lalu, bagaimana cara menumbuhkan rambut dengan cepat? Tanpa berlama-lama, kali ini Kelaya akan membagikan cara cepat menumbuhkan rambut berikut ini.

Menjaga area kulit kepala tetap sehat 

Kulit kepala menjadi bagian terpenting dalam pertumbuhan rambut. Sebab, kulit kepala membutuhkan eksfoliasi yang menghancurkan sel kulit mati yang menumpuk. Nah, kulit mati yang menumpuk ini biasanya yang menghambat pertumbuhan rambut. Sehingga, rambut jadi semakin melambat. 

Untuk itu, rawat kulit kepala dengan benar, mulai dari keramas secara teratur, agar folikel rambut terbebas dari minyak berlebih. 

Keramas juga terbukti secara efektif mengangkat sisa radikal bebas, sehingga area kulit kepala jadi lebih sehat, rambut tumbuh lebih cepat. 

Memberi nutrisi rambut dari dalam

Cara menumbuhkan rambut dengan cepat berikutnya adalah dengan memberikan asupan nutrisi yang cukup untuk rambut. Usahakan untuk memberikan asupan nutrisi baik yang bertujuan untuk menumbuhkan rambut dari dalam ya, Bestie. 

Sebab, jika kekurangan nutrisi dapat mempengaruhi kesehatan rambut, seperti, kekurangan zat besi, dampak terburuknya bahkan akan menyebabkan anemia hingga kerontokan rambut. 

Nutrisi baik yang dibutuhkan agar rambut cepat tumbuh diantaranya, zat besi, vitamin D, vitamin B, zinc, asam lemak, omega-3.

Menggunakan produk perawatan rambut alami

Cara cepat menumbuhkan rambut berikutnya bisa dilakukan dengan menggunakan produk perawatan rambut alami. Salah satu bahan alami untuk perawatan rambut bisa menggunakan lidah buaya dan minyak esensial.

Lidah buaya sendiri bisa digunakan untuk menumbuhkan rambut dengan cepat. Selain itu, juga bermanfaat untuk menenangkan kulit kepala dan rambut. 

Sementara untuk minyak esensial seperti, minyak jojoba, lavender, peppermint juga dapat menumbuhkan rambut dengan cepat. 


Mengubah gaya hidup sehat

Mengaplikasikan gaya hidup sehat juga menjadi salah satu cara menumbuhkan rambut dengan cepat. Usahakan untuk mengelola stress dengan baik, sebab stress dapat menyebabkan kerontokan rambut, mengganggu kinerja folikel, sehingga memperlambat pertumbuhan rambut. 

Cara memanajemen stress bisa dengan cara menulis jurnal, berolahraga, maupun istirahat cukup. 

Selain, mengelola stress cara menumbuhkan rambut dengan cepat bisa dilakukan dengan cara tidak melakukan diet ketat. Hal ini disebabkan diet ketat dapat menurunkan asupan makanan dan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut.

Melakukan perawatan untuk pertumbuhan rambut secara profesional

Cara cepat menumbuhkan rambut berikutnya, kamu bisa melakukan perawatan secara profesional dan secara khusus bertujuan untuk menumbuhkan rambut. 

Salah satu perawatan yang bisa dilakukan adalah platelet-rich plasma (perawatan PRP). Perawatan ini secara khusus disarankan oleh para dokter untuk menumbuhkan rambut secara cepat. 

Selama perawatan, dokter akan memasukkan plasma darah ke dalam folikel rambut dengan alat khusus, sehingga dapat merangsang folikel rambut aktif agar bisa tumbuh dengan cepat.

Nah itu, dia cara-cara menumbuhkan rambut dengan cepat. Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa menggunakan Shampoo Kelaya yang kaya akan vitamin A, C dan E. Ketiga vitamin ini berfungsi untuk mengganti sel mati, serta meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat dan lebih lebat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published