Makanan Alami yang Baik dan Sehat sebagai Vitamin Rambut

Makanan Alami yang Baik dan Sehat sebagai Vitamin Rambut

Makanan Alami yang Baik dan Sehat sebagai Vitamin Rambut

Biasanya untuk merawat rambut agar tetap sehat, kuat dan berkilau, wanita banyak mengandalkan produk-produk perawatan dan juga vitamin. Pada faktanya, rambut sehat bisa dirawat menggunakan vitamin rambut alami yang berasal dari makanan sehat dan bernutrisi. 

Bestie Kelaya pun bisa memulai perawatan dari makanan, pastikan untuk memilih makanan yang sehat bernutrisi. Lantas, apa saja makanan sebagai vitamin rambut yang perlu dikonsumsi agar rambut sehat dan indah? Berikut penjelasannya.

Peran dan manfaat vitamin untuk kesehatan rambut

Sebelum membahas daftar makanan alami yang baik sebagai vitamin rambut, mungkin Bestie Kelaya bertanya-tanya, seberapa penting sih peran vitamin untuk rambut? 


Beberapa masalah rambut justru bisa diatasi dengan mengkonsumsi vitamin yang cukup untuk tubuh. Bahkan, asupan vitamin juga dapat membantumu untuk mencegah penyakit lainnya yang tidak diinginkan. 

Vitamin rambut yang penting dikonsumsi


Sementara jika rambut tidak diberikan nutrisi yang baik, tentunya akan berdampak buruk pada kesehatan rambut. Salah satu contohnya jika kekurangan vitamin C. Dampaknya sama seperti sariawan yaitu, terjadi pendarahan sekitar folikel rambut. 


Kekurangan vitamin C jika dapat menyebabkan akar rambut rapuh, dan bisa menghambat pertumbuhan rambut, selain itu juga menyebabkan rambut kusam dan kering. 


Sementara jika kekurangan vitamin D, dapat menyebabkan kerontokan rambut yang parah. Jadi, vitamin rambut kering dan rontok kamu bisa mencukupi kebutuhan vitamin D yang cukup. 


Lalu, dengan mengonsumsi vitamin A dan E Salah satu contohnya, telur yang mengandung banyak vitamin seperti, vitamin A, E dan biotin yang dapat menjaga rambut tetap tebal dan kuat.


Sebagai tambahan informasi, mineral juga penting untuk dikonsumsi. Mineral secara efektif dapat mengusir dan menghilangkan ketombe, hal ini karena mineral bertugas untuk menjaga kulit kepala agar tetap lembab.


Nah, semua vitamin baik untuk rambut yang sudah dijelaskan di atas juga bisa didapatkan dari makanan lho, Bestie Kelaya! 

Salah satu contohnya, telur yang mengandung banyak vitamin seperti, vitamin A, E dan biotin yang dapat menjaga rambut tetap tebal dan kuat. Jadi, kamu tidak perlu repot dengan produk-produk vitamin, karena kamu bisa mendapatkannya melalui makanan yang sehat dan mengandung vitamin. 

Makanan Alami yang Mengandung Vitamin untuk Rambut

Makanan vitamin rambut yang bagus tentunya harus kaya akan kandungan gizi yang bermanfaat. Berikut sejumlah makanan yang bisa Bestie Kelaya jadi pilihan untuk dikonsumsi. 

1. Telur

Rekomendasi makanan vitamin rambut yang bagus pertama, ada telur. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa telur mengandung banyak vitamin seperti, A, E dan biotin serta folat yang bermanfaat untuk menjaga rambut agar tetap sehat dan kuat. 

Apalagi kuning telur yang mengandung berbagai vitamin bisa mencegah rambut dari kerusakan. Jadi telur bisa jadi vitamin rambut kering. 

Bestie Kelaya juga tidak perlu repot lagi untuk mencukupi keratin. Sebab, telur mengandung biotin yang dapat memproduksi keratin, sehingga rambut bisa tumbuh lebih lebat dan berkilau.

2. Daging tanpa lemak

Pernahkah Bestie Kelaya merasa rambut kurang bervolume dan tumbuhnya lambat? Nah, mungkin rambutmu kekurangan protein. 

Maka dari itu, kamu perlu mengkonsumsi banyak protein di daging tanpa berlemak, seperti daging ayam. Jenis daging ini tidak banyak mengandung lemak jenuh, dibandingkan dengan daging sapi atau babi. 

Jadi, dengan asupan protein yang cukup, dapat mencegah rambut yang rontok dan tipis hingga mencegah kebotakan pada rambut.

3. Bayam

Vitamin rambut dari makanan alami juga bisa didapatkan dari bayam. Bayam sendiri kaya akan zat gizi yang bermanfaat untuk tubuh. Diantaranya, vitamin A, zat besi, beta karoten, folat dan vitamin C. 

Zat gizi penting ini berfungsi untuk menjaga agar rambut lembab dan lembut, serta mencegah rambut patah, kering dan pecah-pecah. 

Selain bayam, zat gizi yang baik untuk rambut tersebut bisa didapatkan pada makanan sejenis seperti, sawi, kangkung dan katuk.

4. Ikan berlemak

Tubuh tidak bisa membentuk omega-3 yang baik untuk menjaga kelembaban rambut. Padahal 3% dari helai rambut terdiri dari omega-3. 

Supaya kebutuhan omega-3 tercukup, kamu bisa mendapatkannya dari makanan alami. Contohnya, cakalang, sarden, ikan kembung, dan ikan berlemak lainnya yang mengandung tinggi asam lemak omega-3. 

5. Ubi jalar

Vitamin rambut dari makanan berikutnya bisa didapatkan dari ubi jalar. Ubi jalar merupakan sumber dari beta karoten dan zat ini bisa berubah menjadi vitamin A dalam tubuh. 

Manfaat dari mengonsumsi vitamin A untuk rambut dapat merangsang kelenjar kulit pada kepala untuk memproduksi minyak alami sebum dan rambut tetap lembab. 

Selain itu, vitamin A juga digunakan sebagai antioksidan, dan melindungi dari radikal bebas yang mengakibatkan kerusakan pada rambut.

6. Jambu 

Untuk memenuhi asupan vitamin C yang cukup, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah dari buah-buahan seperti, jambu. 

Sama seperti vitamin A, vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu melindungi rambut dari radikal bebas yang menyebabkan kerontokan dan kerusakan rambut.

Vitamin rambut ini juga membantu pembentukan kolagen serta menyerap zat besi yang penting untuk pertumbuhan rambut.

Cara menjaga kualitas dan kesehatan rambut 

Rambut sehat tentunya menjadi impian semua wanita. Tidak hanya dengan mencukupi asupan vitamin, tetapi juga mengubah cara menjaga kesehatan rambut dengan benar. Berikut beberapa tips untuk menjaga kualitas rambut tetap sehat.

Menjaga kesehatan kulit kepala 

pertama adalah menerapkan gaya hidup sehat dengan merawat dan menjaga kesehatan  kulit kepala. Kulit kepala pun cukup penting untuk meningkatkan sirkulasi darah dan memberikan rangsangan folikel rambut untuk memproduksi rambut yang lebih tebal dan berkilau.

Menggunakan produk perawatan rambut yang tepat

Kesehatan rambut sangat ditentukan dengan produk perawatan rambut yang tepat. Pasalnya, jika salah memilih produk perawatan yang salah, maka akan menimbulkan masalah rambut lainnya seperti, ketombe, rambut bercabang, dan rambut rontok. 

Pastikan tidak menggunakan produk perawatan rambut yang menggunakan bahan keras seperti, ammonium lauryl sulfate atau sodium lauryl sulfate. 

Selama keramas, pastikan untuk menggunakan air biasa atau hangat. Sebab, air panas secara efektif dapat menghilangkan minyak alami rambut hingga membuat rambut menjadi lebih kusam. 

Melakukan perawatan rambut setelah keramas

Setelah keramas pastikan untuk tidak menyisir maupun menggosok rambut yang basah dengan handuk. 

Lakukan penataan rambut jika rambut sudah kering sekitar 90 persen, hindari menggunakan alat styling rambut seperti, hair dryer atau pelurus rambut yang memiliki suhu panas. 

Menggunakan serum untuk menguatkan akar rambut

Selain menggunakan produk perawatan rambut alami tanpa bahan kimia, sebaiknya Bestie Kelaya juga melengkapi perawatan dengan serum. Supaya lebih menguatkan akar rambut dan mencegah rambut rontok. 

Saat ini sudah banyak brand yang menawarkan serum. Namun, Bestie Kelaya tidak perlu bingung, karena ada Kelaya Hair Serum yang mengandung 8 bahan aktif dan efektif untuk mengatasi kerontokan rambut. 

Selain itu, serum ini juga dapat mengembalikan kekuatan akar rambut serta menyehatkan kulit kepala. 

Dilengkapi dengan argan oil yang mengandung vitamin E untuk melembabkan kulit kepala. Kemudian, ada vitamin B5 yang dapat membuat kulit kepala menjadi lebih sehat, serta bahan aktif lainnya seperti, argan oil, panax ginseng extract, apigenin, dan biotinoyl tripeptide-1.

Itu lah ulasan mengenai vitamin rambut yang dapat dikonsumsi dari makanan alami yang bernutrisi baik. Jadi, selain mengonsumsi makanan sehat, Bestie Kelaya pun perlu mengubah gaya hidup lebih sehat, terutama untuk perawatan rambut. Supaya rambut tetap terjaga kesehatan dan kekuatannya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published