Penyebab Rambut Rontok dan Berat Badan Menurun? Cek Faktanya!

Penyebab Rambut Rontok dan Berat Badan Menurun? Cek Faktanya!

Penyebab Rambut Rontok dan Berat Badan Menurun? Cek Faktanya!

Ada berbagai macam penyebab rambut rontok, seperti, faktor genetik, hormon, dan lain-lain. Lalu, apakah benar penyebab rambut rontok dan berat badan menurun ada hubungannya? 


Nah, bagi Bestie Kelaya yang sedang menjalani diet ketat dan berhasil menurunkan berat badan, tentunya akan membuat perasaan bahagia dan senang. Jika diingat, untuk menjalankan diet Bestie harus berusaha untuk menahan lapar dan mengganti menu makanan menjadi lebih sehat, hingga akhirnya membuahkan hasil ketika jarum timbangan terus menunjuk ke sebelah kiri. 


Namun, Bestie Kelaya juga perlu mewaspadai efek samping yang bisa dirasakan, yaitu rambut mulai rontok hingga mengalami rontok berlebihan. Penyebab rambut rontok akibat penurunan berat badan mungkin terdengar menakutkan, tetapi ada penjelasan secara ilmiah dibalik penyebab rambut rontok ini, dan kabar baiknya masalah ini bisa diatasi karena bersifat sementara. 

Hubungan rambut rontok dan berat badan turun

Penyebab rambut rontok akibat berat badan turun sebenarnya tidak perlu dicemaskan, menurut para ahli, seorang ahli rambut dan bedah, ini adalah hal yang wajar terjadi. Dijelaskan juga bahwa rambut rontok bisa disebabkan oleh penurunan berat badan yang drastis atau karena stres. Kondisi ini muncul karena tubuh mengalami kekurangan protein. 

Seperti yang kita tahu, protein merupakan nutrisi penting untuk membangun sel dalam tubuh, termasuk sel rambut. Ketika tubuh tidak mendapatkan cukup protein, maka tubuh akan memprioritaskan distribusi protein. 

Karena rambut dianggap bukan kebutuhan utama untuk kelangsungan hidup, akhirnya rambut mengalami kerontokan karena hanya menerima sedikit protein. Dampaknya, rambut pun mulai rontok berlebihan. Namun, ini hanya bersifat sementara, dan setelah kamu berhenti diet, rambut akan kembali normal dan rontoknya akan berkurang.

Cara mencegah rambut rontok 

Penyebab rambut rontok adalah efek samping dari penurunan berat badan, langkah yang tepat adalah memulihkan kekurangan protein tersebut dan memperhatikan asupan protein harian. Rata-rata kebutuhan protein harian yang direkomendasikan adalah 46 gram. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa asupan protein selama proses diet setidaknya memenuhi angka ini.

Menambahkan zat besi untuk makanan sehari-hari

Selain itu, untuk menjaga pertumbuhan rambut, kulit, dan kuku tetap optimal, cara mencegah rambut rontok juga disarankan dengan menambahkan zat besi dalam diet atau makanan harian. Sumber zat besi yang bisa kamu konsumsi meliputi, Sayuran hijau seperti brokoli dan bayam. Alpukat. Sedangkan untuk sumber protein hewani seperti telur dan daging sapi tanpa lemak.

Melengkapi dengan suplemen kesehatan

Bestie Kelaya juga perlu melengkapi dengan suplemen kesehatan yang mengandung zat besi. Selain itu, rambut rontok akibat penurunan berat badan dapat diatasi dengan mengembalikan asupan nutrisi yang hilang. 

Menerapkan pola makan sehat

Ini dapat dicapai melalui menerapkan pola makan sehat dan seimbang dengan prinsip berikut Penuhi kebutuhan kalori. Kekurangan kalori dapat mengakibatkan rambut tidak memiliki cukup energi untuk mendukung pertumbuhan.

Memastikan asupan protein mencukupi

Cara mencegah rambut rontok selama diet juga bisa dengan melengkapi asupan protein yang cukup. Protein adalah komponen penting dalam pertumbuhan rambut. Sertakan biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran dalam menu harian. 

Menurut National Anemia Action Council, biji-bijian mengandung zat besi yang kurang dapat menjadi penyebab utama rambut rontok. Buah-buahan dan sayuran mengandung vitamin A, C, E, dan zinc yang semuanya berperan dalam pertumbuhan rambut.

Memakai produk perawatan rambut dari bahan alami

Selain melengkapi asupan gizi seimbang untuk makanan sehari-hari, Bestie Kelaya juga bisa mencegah rambut rontok dengan penggunaan produk perawatan rambut alami. Produk perawatan Kelaya bisa jadi pilihan yang tepat. 

Mulai dari Shampoo, Minyak kemiri, serum, dan kondisionernya terbuat dari bahan pilihan dan alami. Bahan alaminya seperti, ekstrak kemiri, aloe vera, piroctone olamine, dan vitamin A hingga B-12 berfungsi untuk mengatasi kerontokan rambut berlebihan serta ketombe pada kulit kepala.

Agar hasil lebih maksimal, lengkapi juga dengan serum dan minyak kemiri ya Bestie Kelaya. Karena bahan-bahannya seperti, argan oil, panax ginseng extract, apigenin ini efektif untuk mengatasi kerontokan dan mengembalikan kekuatan akar rambut.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published