Pomade Rambut Menyebabkan Kerontokan, Cek Faktanya Disini!

Pomade Rambut Menyebabkan Kerontokan, Cek Faktanya Disini!

Pomade Rambut Menyebabkan Kerontokan, Cek Faktanya Disini!

Pomade rambut menjadi salah satu hal wajib yang harus dipakai oleh pria, biasanya untuk styling rambut untuk menunjang penampilan, dan juga membuat rambut lebih tertata rapi dalam waktu yang lama. 

Namun, tidak banyak yang tahu jika ada anggapan bahwa justru pemakaian pomade rambut akan menyebabkan kerontokan rambut. Lalu, apakah pomade merusak rambut? Yuk, cek fakta selengkapnya di artikel ini!

Apakah pomade merusak rambut?

Faktanya, belum ada studi ilmiah yang dapat membuktikan bahwa menggunakan pomade bisa menyebabkan kerontokan rambut pada pria. Hal ini tentunya, perlu dicek kembali penyebab rambut rontok. Sebab, rambut rontok pada pria disebabkan oleh pemicu yang berbeda-beda. 

Salah satu penyebab rambut rontok, disebabkan karena faktor genetik dan hormonal. Beberapa studi juga menerangkan bahwa 16 persen pria berusia 18 dan 29 tahun, dan juga 53 persen pria berusia 40 tahunan lebih mudah mengalami kerontokan hingga menyebabkan kebotakan. 

Lalu, apakah pomade menyebabkan kerusakan rambut? Jawabannya, tergantung pada intensitas penggunaan dan juga kandungan dari pomade itu sendiri. Hal ini dikarenakan, penggunaan pomade yang mengandung minyak, dan digunakan secara berlebihan dapat membahayakan rambut dan juga kulit kepala. Sebab, kandungan pomade ini dapat menutup hingga menyumbat pori-pori di kulit kepala sekaligus pada dahi. 

Kemudian, penggunaan pomade rambut yang memiliki intensitas berlebihan juga dapat memicu kerontokan rambut. Apalagi jika dalam penataan rambut sambil disisir dengan kuat. Namun, kabar baiknya kerontokan rambut yang disebabkan oleh pomade ini hanya bersifat sementara yang artinya, rambut dapat tumbuh kembali. 

Dari penjelasan di atas, pomade yang tidak merusak rambut tergantung pada intensitas pemakaian dan juga kandungan pada pomade. Usahakan untuk menggunakan pomade secukupnya dan memilih pomade yang tidak memiliki daya rekat terlalu keras agar tidak menarik rambut hingga menyebabkan kerontokan.

Pomade yang tidak merusak rambut

Dari penjelasan sebelumnya, mungkin Bestie Kelaya penasaran pomade yang tidak merusak rambut itu seperti apa? Jawabannya, usahakan untuk memilih jenis pomade rambut yang cocok untuk keseharianmu. Sebelumnya kamu perlu tahu bahwa secara umum, pomade terbagi menjadi dua jenis, yaitu water-based (berbasis air) dan oil-based (berbasis minyak). Kedua jenis pomade ini punya keunikan masing-masing, jadi kamu harus tahu produk mana yang cocok untuk keseharian dan juga jenis rambutmu.

Pomade rambut oil-based biasanya terbuat dari beberapa bahan seperti beeswax, minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak almond. Pomade berbasis minyak ini memiliki daya tahan yang lama, tapi agak sulit dicuci. Di sisi lain, pomade rambut water-based lebih mudah dicuci, tetapi tidak bertahan lama dan cepat kering, jadi butuh sedikit air untuk merapikannya kembali.

Bagi kamu yang mulai mengalami penipisan rambut, penggunaan pomade oil based  bisa membuat efek kebotakan lebih terlihat, terutama jika kamu menyisir rambut ke belakang sehingga garis rambut terlihat.

Maka dari itu, jika kamu memiliki garis rambut yang tipis, menata rambut dengan cara seperti itu bisa membuat dahi terlihat lebih besar. Selain itu, rambut yang tipis di sekitar pelipis juga bisa lebih terlihat, terutama jika pomade yang digunakan memiliki tingkat kilau yang tinggi. Jadi, usahakan untuk menggunakan pomade tidak terlalu rekat atau memilih pomade yang mengandung water-based ya, Bestie! 

Nah, itu dia penjelasan mengenai pertanyaan apakah pomade menyebabkan rambut rusak atau tidak. Faktanya, penggunaan pomade sebenarnya tidak menyebabkan rambut rontok. Namun, penggunaan pomade yang salah bisa menjadi penyebab kerontokan pada rambut. 

Supaya rambut lebih sehat dan kuat, sebelum menggunakan pomade, Bestie Kelaya bisa menggunakan Kelaya Hair Shampoo dan Kelaya Conditioner. Kandungan alaminya seperti ekstrak kemiri, aloe vera, dan juga vitamin A, C, dan E efektif untuk mengatasi kerontok parah dan ketombe pada kulit kepala.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please note, comments must be approved before they are published